Upgrade Firm Ware – Apa itu Firm Ware / Firmware ? Firmware adalah software atau program yang ditanam di Read Only Memori dan tidak akan berubah meskipun tidak dialiri oleh arus listrik (sumber: wikipedia). Ya awalnya hal ini yang membuat bingung pertama kali saat memiliki kamera mirorless fuji, ya karena dulu saat menggunakan kamera DSLR tidak begitu memahami bahkan tidak mengerti istilah firmwire ini.

Dan karena kebutuhan akhirnya saya mulai berganti jenis kamera dari DLSR, perlahan tapi pasti mulai 100% berganti ke Mirrorless dan di akhir tahun 2015 pilihannya jatuh ke Kamera Fujifilm X-A2 yang menemani saya dan keluarga sampai sekarang. Meskipun jika ada project yang bersifat HiRes File Requirement saya pakai Fujifilm X-T2, tapi tetap X-A2 selalu menjadi favorit keluarga.

Baca Juga: Rahasia Tetap Sehat Saat Pergi Travelling

Nah, di tahun 2018 ini ada release dari Fuji bahwa firm wire X-A2 udah bisa di upgrade dengan beberapa perbaikan dan penambahan system, akhirnya saya mencoba nya di kamera saya. Dan ternyata caranya simple sekali ehehehe.

Cara Upgrade Firm Ware Fuji X-A2

Hal pertama kali yang harus disiapkan untuk memulai upgrade Firm Ware Fuji Film X-series adalah :

  1. Laptop/PC untuk download dan simpan sementara firm ware nya
  2. Kamera Fujifilm
  3. Memory card yang sudah di format terlebih dahulu di kamera
  4. Battery kamera kondisi minimal kapasitas daya 50% , lebih baik lagi jika diatasnya

Berikut ini proses awal upgrade firm ware : 

tampilan saat awal persiapan upgrade form ware fuji film
  1. Download firm wire fuji x-series dulu disini dan simpan di laptop/pc.
  2. Format memory card dari kamera, dan pindahkan firm wire ke memory card
  3. Masukkan memory card dan battery (posisi tanpa lensa)
  4. Nyalakan kamera bersamaan dengan memencet tombol back Disp/back
  5. Akan keluar tampilan seperti disamping ini. Tekan OK/YES untuk melanjutkan
BacaJuga: Tips Penting Untuk Membangun Bisnis Online

Selanjutnya kalian akan di tuntun langkah demi langkah mulai dari :

upgrade firm ware

6. Pilih gear yang mau di updgrade, dalam hal ini hanya body kamera yang saya upgrade. Jika posisi lensa terpasang akan ada ada dua opsi pilihan yaitu ; Body dan Lensa.

7. Selanjutnya tekan OK dan prosesnya akan berjalan otomatis. Pastikan jangan mematikan kamera atau mencabut battery ataupun juga melepas lensa (jika posisi lensa terpasang) saat proses upgrade ini berjalan. Kurang lebih jika lancar semua proses akan memakan waktu tidak lebih dari 5menit.

upgrade firm ware

8.  Jika proses sudah selesai akan muncul notifikasi untuk mematikan kamera , dan proses updgrade firm ware kalian sudah selesai.

9. Untuk melihat status upgrde bisa dengan cara di langkah nomor 4, yaitu menyalakan kamera dan menekan tombol Disp/back secara bersamaan.

Nah bagaimana, mudah bukan cara updgrade firm ware kamera fujifilm X-series. Jika kalian merasa terinspirasi oleh artikel ini, silahkan dishare ya agar informasi ini bisa dibaca oleh oleh teman teman lain yang membutuhkan.

Baca Juga: Atlantis Land, tempat wisata baru kota Surabaya

Salam Inspirasi Pagi,

Share this:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here