Kesehatan – Ibu hamil perlu menjaga asupan harian yang dikonsumsi agar calon ibu dan bayi dalam kandungan sama-sama sehat. Bukan hanya lewat makanan, emosi dan perasaan juga mesti dijaga karena emosi yang tidak stabil ternyata bisa memengaruhi janin.

Saat calon ibu stres, janin juga bisa merasa lalu ia akan tegang dan tidak tenang. Memang, kondisi hamil rentan membuat calon ibu mudah cemas dan stres, terlebih ini merupakan pengalaman hamil pertama Anda. Tapi, Anda tetap bisa lho mengelola stres secara tepat sehingga tetap bisa menjalani pengalaman kehamilan dengan baik dan menyenangkan.

Lantas apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menangani kecemasan saat hamil? Yuk simak tips-tips ini

  1. Lakukan hal yang Anda sukai

Jika Anda sangat suka menyanyi, menyanyilah sesering mungkin. Ini menarik, Anda bisa juga lho membuatkan lagu untuk si kecil dalam perut. Atau jika Anda sangat suka membaca buku, sering-seringlah mendongeng untuk calon buah hati. Ditambah lagi, hal lini bisa semakin membangun kedekatan antara Anda dan janin, dan menstimulasi kecerdasan anak sejak dini pula.

ibu hamil

  1. Cobalah untuk bermeditasi

Tidak ada yang lebih baik daripada merilekskan pikiran dan berdiam diri selama beberapa waktu. Meditasi selama kehamilan terbukti secara signifikan dapat mengurangi stres dan menstabilkan denyut jantung dan tekanan darah.

meditasi, bumil

  1. Terima kondisi tubuhmu yang sekarang

Banyak wanita yang tidak bisa menerima seutuhnya kondisi tubuh yang berubah menjadi gemuk karena hamil. Inilah yang justru menyebabkan calon ibu tidak percaya diri dan stres. Padahal dengan menerima fakta ini, maka akan jauh lebih memudahkan hidup Anda.

hamil, olahraga

Bantu dengan rutin berolahraga pula, Moms. Karena selain membuat tubuh sehat dan bugar, olahraga membantu menjaga kenaikan berat badan agar tidak sampai berlebihan. Selain itu, memungkinkan tubuh Anda kembali ke ukuran semula seusai bersalin.

  1. Ceritakan perasaan Anda dengan suami atau kerabat

Menceritakan perasaan Anda dengan pasangan atau teman dekat membantu Anda rileks dan dapat berpikir jernih. Bergabung dalam sebuah komunitas ibu hamil juga membuat Anda jadi tidak merasa sendiri lagi.

  1. Mengobrol dengan janin

Dikutip dari laman Boldsky, janin sudah mulai bisa mendengar suara ketika memasuki usia 23 Minggu. Mengajak bicara janin bisa membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan rasa senang, apalagi bila perbincangan itu disertai tendangan dalam perut. Wah, ia semakin pintar merespon saja!

Share this:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here