Musim pancaroba tampaknya sudah tiba. Sering kali cuaca mendadak hujan dan beberapa waktu terasa sangat terik. Tak cuma membuat kuman dan jamur mudah berkembang biak, ternyata musim pancaroba juga kerap memengaruhi kesehatan kulit. Tak mengherankan jika kulit Anda yang senantiasa sehat mulai bermasalah saat musim pancaroba. Cuaca panas dan hujan yang terjadi bergantian dapat memengaruhi kelembapan kulit Anda.

Supaya kulit kering tidak mengganggu kesehatan dan penampilan, Anda harus siaga melindungi kulit selama musim pancaroba. Tak perlu panik ketika cuaca tak menentu. Yuk, ikuti tips untuk merawat kulit saat musim pancaroba dari inspirasipagi berikut.

  1. Hindari Suhunya Terlalu Panas

Suhu terlalu panas dapat membuat kulit kering dan terasa tak nyaman. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda lebih banyak berada dalam ruangan bersuhu sejuk saat musim pancaroba tiba. Ruangan sejuk tidak harus selalu menggunakan AC. Hal terpenting adalah kelembapan ruangan yang terjaga sehingga kulit tetap lembap.

2. Perlindungan Luar Ruangan

Jika terpaksa berada di luar ruangan dalam waktu lama, gunakan sunblock yang mengandung SPF untuk melindungi kulit Anda. Selain melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari, sunblock ini juga akan melembapkan kulit  Anda secara alami.

Namun, sebenarnya tak hanya cuaca panas yang dapat merusak kulit Anda. Air hujan pada permukaan kulit juga dapat merusak lapisan pelindung serta kelembapan kulit. Hal ini akan semakin parah jika kulit yang terkena air hujan langsung terkena sinar matahari. Solusinya, gunakan sunblock pada setiap musim bila Anda harus beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama.

3. Rawat Kulit Tangan

Kulit tangan adalah bagian yang paling rentan mengalami gangguan kesehatan. Ini karena kulit tangan memiliki tekstur yang tipis. Selain itu, kulit tangan lebih sering bersentuhan langsung dengan polusi, kuman, dan sinar matahari.

Demi melindungi kulit tangan, kenakanlah sarung tangan jika Anda berada di luar ruangan. Penggunaan krim pelembap tangan juga tak kalah penting untuk menjaga kelembapan. Siapkanlah krim pelembap tangan di rumah maupun tempat kerja.

4. Hindari Bahan Pakaian Penyebab Iritasi

Aneka bahan pakaian sintetis berisiko menimbulkan rasa panas berlebihan saat musim pancaroba. Sebaiknya Anda menghindari penggunaan pakaian yang terbuat dari bahan rayon, polyester, dan nilon. Bahan lainnya yang juga membuat kulit jadi mudah gatal adalah wol. Tekstur serat wol yang kasar dan pendek bisa menyebabkan kulit iritasi.

Bahan pakaian terbaik di musim pancaroba adalah katun. Kenakan pakaian katun yang bagian luarnya bisa dikombinasikan dengan jenis bahan lain. Penampilan Anda pun akan tetap menarik dan bebas dari iritasi kulit.

5. Gunakan Lotion dengan Teratur

Kelembapan kulit akan berkurang dengan cepat selama musim pancaroba. Hal ini wajar sebab perubahan cuaca yang tak menentu membuat kulit jadi sulit beradaptasi. Anda patut menggunakan lotion secara teratur untuk menjaga kelembapan kulit setiap hari.

Gunakan lotion ketika berada di rumah dan tempat kerja. Waktu yang tepat untuk mengenakan lotion di rumah yaitu saat setelah mandi dan sebelum tidur. Kulit Anda akan senantiasa lembap, elastis, dan sehat. Kini Anda tak perlu lagi khawatir dengan ancaman kerusakan kulit di musim pancaroba.

Nah, sudahkah Anda mengikuti lima cara ini? Jika belum, tidak ada salahnya untuk mencoba dan mempraktikkan demi membuat kulit Anda senantiasa sehat. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel inspiratif lain:

Share this:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here