Sebuah hal yang wajar bahwa manusia di bumi ini memiliki suatu keadaan atau perasaan dimana manusia merasakan pilu dan susah dalam hati,orang sering menyebutnya dengan perasaan sedih. Namun bukan berarti dalam setiap lika-liku kehidupan, manusia selalu beriringan dengan perasaan sedih di hatinya. Ada kalanya manusia merasakan suatu keadaan yang tenteram dan senang, orang biasa menyebutnya dengan perasaan bahagia. Allah menganugrahkan setiap rasa dalam diri manusia tentunya memiliki tujuan yang indah, bukan berarti kita memiliki wewenang untuk menyalahkan Sang pencipta. Allah memberikan sebuah ujian dan kita merasa sedih itu pertanda bahwa Allah ingin manusia agar semakin dekat dengan-Nya kemudian Allah berharap hambanya akan menjadi orang sabar yang pada akhirnya mampu menyelesaikan ujian, bukan untuk berlarut-larut dalam kesedihan tanpa ada ikhtiar. Setelah tercapainya sebuah keinginan atau datangnya sebuah keberuntungan dalam hidup tentunya manusia akan mendapati keadaan senang dan merasa bahagia, Allah memberikan perasaan bahagia dengan harapan manusia tidak lupa untuk senantiasa bersyukur kepada-Nya. Namun di era sekarang ini manusia hanya menginginkan kebahagiaan dan menolak kesedihan, padahal dalam kehidupan tidak akan seimbang kalau sedih dan bahagia tidak lagi diciptakan di dunia ini. Nah, buat kalian yang ingin tercapainya kebahagiaan dan tetap sabar dalam setiap ujian hidup maka kalian harus siapkan kuncinya dari sekarang. Berikut kunci kebahagiaan :

Kunci Kebahagiaan – Bersyukur kepada Sang Pencipta

Kunci yang pertama adalah Bersyukur. Bersyukur kepada sang pencipta bahwasanya setiap nikmat serta rahmat tidak mungkin datang kalau bukan atas kuasa dan kehendak-Nya.Nah,hal sederhana bisa kita lakukan di setiap pagi hari saat kita bangun tidur tidak boleh melalaikan kewajiban untuk berdoa pertanda rasa syukur kita pada sang pencipta karena masih diijinkan bernafas menikmati udara pagi di alam ini.

Kunci Kebahagiaan – Berbagi Senyuman

Kunci yang kedua adalah Tersenyum. Untuk mengawali pagimu maka lengkungkan kedua sudut bibirmu dengan senyuman manismu agar harimu berjalan dengan indah. Apapun yang akan terjadi di hari itu. Entah ada hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan tetaplah mempertahankan senyummu di mata dunia. Tentunya orang akan memberimu nilai positif karena sebuah senyuman dan ingatlah bahwa yang keren itu Attitude, dengan menunjukan sikap tenang dan selalu tersenyum maka kita akan menjadi orang yang berkualitas untuk dunia.

Kunci Kebahagiaan – Takwa

Kunci yang ketiga adalah Takwa dan Taat. Takwa ialah menjalankan apa yang diperintahkan oleh sang pencipta dan menjauhi segala larangan-Nya, memang tidaklah mudah menjadi orang bertakwa namun apabila kita bisa berusaha melakukan hal ini ada kemungkinan bahwa kebahagiaan akan hadir dalam hati.

Perbanyak beramal dan melakukan hal baik untuk banyak orang adalah sebuah perbuatan yang terpuji yang mampu menginspirasi orang-orang di sekitar kita dan memberikan energi positif  untuk diri kita sendiri juga. Tidak ada untungnya pula kita berbuat jahat, hanya akan memberikan pengaruh negatif untuk kita dan merugikan banyak maka sudah sepantasnya kita meninggalkan perbuatan buruk yang hadir dalam kehidupan kita.

Kunci Kebahagiaan – Ikhlas dan memaafkan kesalahan orang lain

Kunci bahagia yang terakhir adalah ikhlas dan tidak mengingat kesalahan orang lain. Setiap kita melakukan kebaikan untuk orang lain tidak perlu mengingat kepada siapa dan apa saja yang kita lakukan untuk orang itu. Hal tersebut akan bernilai sia-sia ketika kita tidak mampu menumbuhkan keikhlasan pada diri kita, begitu juga sebaliknya dengan kesalahan orang lain terhadap kita.

Kita harus berusaha melupakan, mengikhlaskan dan memaafkan kesalahan orang lain dengan mendoakankannya dengan harapan serta doa-doa yang baik untuk mereka. Kita tidak boleh membenci atau memiliki sikap dendam terhadap orang lain,percayalah bahwa kita berbuat baik maka Allah pun akan menurunkan kebaikan dan begitu juga sebaliknya.

Demikianlah, beberapa kunci kebahagiaan menurut penulis. Bahagia itu sederhana dan setiap orang memiliki cara serta langkah tersendiri untuk mencapai kebahagiaan namun milikilah cara bahagia dengan langkah yang halal dan baik sehingga kita bahagia tidak merugikan orang lain. Ketahuilah bahwasanya dari sekian banyak langkah bahagia, yang terpenting ialah bersyukur kepada sang pencipta. Karena dengan rasa syukur Insyaa Allah di langkah berikutnya kita akan lebih ikhlas dan mampu merealisasikan langkah mendapatkan kebahagiaan melalui jalan yang baik.

Artikel Menarik Lainnya yang Bisa Menginspirasi :

Share this:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here