Bosan dengan rutinitas sehari-hari adalah hal yang biasa. Khususnya, sebagai seorang warga Surabaya yang terus digempur dengan pekerjaan dan terik matahari yang menyengat, sesekali pasti membutuhkan yang namanya hari libur.

Liburan tidak selalu harus jauh, berlama-lama, dan menghabiskan banyak biaya. Biasanya kalau orang Surabaya sedang buntu ingin liburan yang praktis, mereka akan pergi ke Batu. Kota wisata yang terkenal dengan udaranya yang rendah dan segar ini terletak berdekatan dengan Malang.

Kota Batu memang terkenal memiliki banyak sekali tempat wisata. Namun, salah satu tempat yang paling wajib dikunjungi saat mampir ke Kota Batu ini adalah Alun-Alun Batu.

Berbeda dengan kota-kota lain, alun-alun Batu ini memiliki ramai dengan riuhnya hiburan. Mulai dari, pasar Laron yang tumpah ruah dengan kuliner jalanan, bianglala, komidi putar, dan lain-lain. Untuk menikmatinya pun kalian tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena semua yang ada disini dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Kuliner Jalanan Ala Alun-Alun Batu

Sebagai salah satu tempat untuk mencicipi kuliner jalanan khas Batu, silahkan melangkah ke Pasar Laron. Terdapat puluhan jajanan jalanan seperti, Sempol, Loklok Sate Malaysia, Pentol Bakar, bahkan Es Krim. Tidak hanya makanan ringan, namun juga ada berbagai makanan berat di depot-depot yang mengelilingi alun-alun.

Jangan lupa untuk mampir ke toko yang berjualan susu segar legendaris Batu yang bernama KUD Ganesha Batu. Kalian tidak bakal bertemu dengan rasa susu yang seperti ini dalam susu kemasan yang dijual di minimarket. Sangat worth it untuk dicoba!

Bianglala Raksasa

Setelah lidah dan perut terpuaskan dengan kuliner disini, sekarang mari menaiki wahana bianglala. Bianglala raksasa yang terletak di Alun-Alun Batu ini tampak megah berdiri di tengah Kota Batu seperti milik bianglala ala London yang dijuluki dengan The London’s Eye.

Untuk menaiki wahana bianglala, kalian cukup membayar Rp 5.000 saja. Walaupun antrian tiket bianglala terlihat panjang, namun kalian tidak perlu menunggu lama kok. Saat kalian berada di atas, kalian bisa menikmati indahnya kelap-kelip kota Batu di malam hari dari ketinggian dan deburan angin Batu yang sejuk.

Tentu sebelum mengakhiri liburan singkat ini ada baiknya berkeliling Alun-Alun Batu terlebih dahulu sebelum pulang. Apabila kalian sedang beruntung, kalian bakalan bertemu hantu lo, mulai dari pocong, kuntilanak, bahkan valak. Namun tidak usah takut, hantu-hantu yang ada di alun-alun Batu ini semuanya ramah-ramah, bahkan akan sangat senang bila diajak berswafoto.

Jadi sekarang, kalo mau liburan yang ekspress tidak perlu lagi pusing tujuh keliling. Kunjungi saja Alun-Alun Batu yang hanya memakan perjalanan 3 jam dari Surabaya, dan yang paling penting ramah untuk dompet segala kalangan namun tetap menyenangkan.

Share this:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here