Motor 2 Tak dan 4 Tak, apa yang membedakan? – Sepeda motor merupakan kendaraan yang banyak digunakan masyarakat untuk beraktivitas sehari – hari. Teknologi pada sepeda motor telah ditemukan pada beberapa tahun yang lalu. Namun, perusahaan sepeda motor tak berhenti berinovasi pada setiap produksinya.

Mungkin kita pernah mendengar adanya sepeda motor 2 Tak dan 4 Tak tetapi tak banyak yang mengetahui perbedaan dari kedua jenis mesin tersebut. teknologi motor 2 Tak hanya digunakan pada sepeda motor produksi lama dan motor 4 Tak lebih sering kit a temui karena terdapat pada produk sepeda motor baru. Namun, apa perbedaan dari keduanya? Berikut penjelasannya.

Pengertian motor 2 Tak

Motor 2 Tak atau 2 langkah adalah motor dimana satu kali putaran poros engkol akan terjadi satu kali usaha.

 

2-tak

  • Ketika poros engkol berputar 90 derajat maka itu adalah gerakan hisap.
  • 90 derajat berikutnya maka akan melakukan gerakan kompresi
  • 90 derajat berikutnya maka akan melakukan usaha
  • 90 derajat berikutnya akan buang

Dalam gambar tersebut terlihat dimana dalam satu putaran poros engkol maka akan terjadi hisap, kompresi, usaha dan buang. Jika kita menganalogikan, maka putaran 360 derajat kita bagi 4, jadi setiap gerakan adalah 90 derajat.

Inilah alasan mengapa motor 2 Tak lebih kuat, lebih kencang dan bersuara lebih bising karena dalam sekali putaran engkol maka akan terjadi sekali usaha.

Pengertian motor 4 Tak

Motor 4 Tak atau 4 langkah adalah dimana dalam dua kali putaran poros engkol mesin akan melakukan usaha sekali. Ini yang membuat motor 4 Tak terlihat lebih halus dan lebih irit dibandingkan dengan motor 2 Tak.

 

4-tak

Pada gambar diatas, siklus gerakan dari putaran poros engkol adalah 180 derajat sekali. Jadi dalam dua kali putaran poros engkol hanya akan melakukan sekali usaha. Bisa dikatakan tenaga motor 2 tak dua kali dari motor 4 Tak.

Itulah penjelasan dari kedua jenis motor. Kesimpulannya adalah motor 2 Tak lebih boros, lebih bertenaga dan dibutuhkan ketelitian dalam perawatannya dibandingkan motor 4 Tak. Sedangkan motor 4 Tak lebih irit bahan bakar dan suara mesin lebih halus dibandingkan dengan motor 2 Tak. Untuk spareparts motor 2 Tak dan 4 Tak yang berkualitas bisa anda dapatkan di Baransu.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

Share this:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here