Menentukan program studi atau jurusan kuliah yang akan diambil setelah menamatkan pendidikan SMA memang tidak mudah, karena secara tidak langsung pilihan kita dalam memilih jurusan kuliah menentukan bagaimana masa depan kita nanti. Tapi bagaimanapun pilihan harus segera ditentukan.

Segera bukan berarti harus terburu–buru agar tidak menyesal nantinya, ada baiknya kamu menyimak beberapa tips sebelum memilih  jurusan untuk melanjutkan pendidikanmu ke jenjang perguruan tinggi berikut ini.

Pahami minat dan bakat

Memahami minat serta bakat merupakan langkah awal yang  penting dan harus dilakukan untuk menentukan jurusan kuliah yang akan diambil, penting karena pada dasarnya minat serta bakat akan menjadi penyemangat dan  pendorong  ketika menghadapi kesulitan saat proses perkuliahan.

Banyak mahasiswa yang berhenti kuliah ditengah jalan karena merasa penat, bosan dan lelah sehingga merasa bahwa jurusan yang mereka ambil salah atau tidak tepat untuk mereka.

Hal ini dikarenakan mereka merasa terpaksa atau tidak nyaman saat  menjalani proses perkuliahan, ini tentunya tidak diharapkan terjadi karena waktu serta biaya yang dikeluarkan akan menjadi sia-sia.

Pertimbangkan Biaya

Biaya merupakan salah satu pertimbangan yang harus diutamakan setelah minat dan bakat. Pastikan besaran biaya awal kuliah serta uang semester yang akan dibayarkan sesuai dengan dana yang dimiliki.

Jangan sampai kendala biaya menghentikan usaha dan cita–cita kita, jikalau dirasa perlu maka cobalah untuk mencari informasi tentang adanya beasiswa. Biasanya setiap kampus memiliki beasiswa yang dapat diberikan secara full (penuh) maupun parsial (sebagian) dengan ketentuan ada beberapa persayaratan yang harus dipenuhi,

Tentunya ini merupakan peluang yang baik dan patut untuk dicoba karena jika mendapatkan beasiswa biaya yang akan dikeluarkan menjadi lebih sedikit atau bisa jadi tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

Cari Referensi

Carilah referensi mengenai jurusan yang akan dipilih. Banyak cara yang dapat dilakukan misalnya dengan memanfaatkan kecanggihan internet, internet dengan segala yang ada di dalamnya tentunya akan mempermudah dalam mencari segala informasi yang dibutuhkan mengenai jurusan yang akan kita pilih.

Tapi alangkah baiknya mencari referensi dengan mendengarkan masukan dari teman, saudara, serta orang tua sebagai bahan pertimbangan dalam memilih, seperti tentang kurang dan lebihnya atau cocok atau tidaknya  jurusan kuliah tersebut untuk kita. Cara lain bisa juga dengan mendatangi langsung kampus dan bertanya pada bagian informasinya.

Rancang Plan B

Plan B atau rencana cadangan dibutuhkan manakala segala yang telah kita lakukan ternyata tidak sesuai keinginan. Plan B sebagai rencana cadangan akan membantu kita dalam menyiapkan kembali rencana tanpa harus memulai  lagi dari tahap awal.

Seperti menyiapkan beberapa pilihan jurusan lain selain jurusan utama yang dapat kita ambil, mencari informasi pendukung untuk jurusan jurusan tersebut serta memastikan waktu yang tersedia untuk pendaftaran kembali.

Bangun Komitmen

Setelah mendapatkan apa yang kita inginkan tentunya hal terakhir yang harus kita lakukan adalah memiliki komitmen atau keyakinan pada jurusan yang kita pilih.

Hal ini juga penting karena dengan adanya komitmen atau keyakinan kita memiliki tanggung jawab terhadap diri kita sendiri juga pada apa yang kita pilih.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memilih jurusan kuliah, yang pasti memilih jurusan kuliah memerlukan pertimbangan yang matang bukan hanya didasari karena pergaulan dalam artian ikut–ikutan saja. Jadi persiapkan dirimu untuk masa depan yang lebih baik.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

Share this:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here