Saat berpuasa, pasti kamu ingin tetap aktif dan tidak melupakan keinginanmu untuk tetap sehat, kan? Kamu pasti juga bertanya-tanya apakah berolahraga saat ramadhan itu bagus untuk kesehatanmu atau malah tidak? Inilah tips dan trik olahraga saat ramadhan!

Sumber : Getty Images

Makanan merupakan “bahan bakar” energi kamu. Nah, kalau kamu berolahraga tapi tanpa makan tiga kali sehari dan snack sehari?

Memang sih, berpuasa akan memberikan kamu kehilangan berat badan yang sangat banyak dan dapat menormalisasikan gula darah kamu, menghindari resiko diabetes, sakit jantung, dan penuaan dini. Namun, berisiko kah jika kita berolahraga tanpa apapun di perut kita? Keep on reading.

Walaupun kamu melakukan squat yang banyak atau olahraga apapun, tubuhmu membutuhkan glikogen atau simpanan karbohidrat untuk “membakar energi” saat olahraga. Nah, kalau nggak ada itu semua, alias perut kosong, tubuhmu akan memaksakan diri untuk mencari dan membakar sumber energi lain seperti lemak. Namun, jangan senang dulu, ini juga berarti kamu malah kehilangan otot-otot kamu yang sedang ingin kamu bangun loh. Ini karena tubuh kamu malah membakar protein.

Selain itu, karena kamu kehilangan glikogen dan gula darah, kamu akan merasa sangat-sangat lemas saat olahraga. Nah, berikut adalah cara untuk tetap berolahraga di bulan Ramadhan.

1. Ingin olahraga cardio? Lakukan dengan intensitas rendah

Cara pintar untuk olahraga saat berpuasa adalah perhatikan nafasmu. Kamu bisa berolahraga seperti jogging pelan. Kalau kamu mulai merasa pusing, berhentilah. Jangan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi ataupun terlalu lama!

Sumber : Amanda Bisk

2. Saat berbuka puasa, makanlah dengan makan-makanan berprotein tinggi

 

 

Kalau kamu ingin membangun otot kamu, usahakan untuk mengonsumsi makan-makanan berprotein tinggi saat berbuka dari 20 hingga 30 gram protein.

Nah, nggak perlu khawatir lagi untuk olahraga saat puasa, kan? Semoga berhasil!

 

Baca juga :

Share this:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here