Lampu merupakan elemen vital dalam rumah Anda, sebab lampu sangat bermanfaat sebagai sumber pencahayaan untuk setiap ruangan. Selain itu, lampu juga mampu menambah keindahan dan kecantikan ruangan Anda. Chandelier atau lampu gantung adalah salah satu jenis sumber pencahayaan yang dapat memaksimalkan keanggunan dan kemewahan desain interior pada rumah Anda. Lampu ini sangat identik dengan gaya hidup orang kaya, sebab seringkali diaplikasikan pada rumah rumah mewah untuk menunjukkan status sosialnya.

Chandelier umumnya digunakan pada rumah bergaya klasik, karena karateristik rumah klasik sangat sesuai dengan kesan yang diberikan oleh lampu gantung. Fungsi dekorasi dari chandelier memiliki kelebihan untuk menonjolkan nilai seni yang tinggi sehingga estetika pada ruangan nampak begitu elegan dan mewah. Penggunaan lampu gantung biasanya ada pada ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan juga foyer. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin menggunakan chandelier pada ruangan Anda, diantaranya:

Sesuaikan dengan tema dan desain ruangan Anda

Tidak semua lampu gantung yang mewah dan mahal cocok untuk diaplikasikan pada ruangan. Anda perlu untuk pertimbangan yang matang untuk memilih jenis chandelier yang kan digunakan. Perhatikan tema dan desain yang ada oada ruangan Anda. Seperti halnya rumah klasik, sangat cocok apabila menggunakan chandelier bermaterial kristal benilai seni tinggi. Sehingga membuat interior bertema klasik sangat mahal harganya dan tahan lama.

Perhatikan luas dan tinggi ruangan

Sangat disarankan bagi Anda, jika ingin menggunakan chandelier sebaiknya plafon rumah Anda cukup tinggi. Jika plafon rendah, yang terjadi hanyalan ruangan Anda terkesan sempit dan sesak. Selain itu, Anda juga perlu untuk memahami luas ruangan yang ingin dipasang chandelier. Hal ini dilakukan agar ukuran chandelier pun sesuai dengan ukuran ruangan Anda. Umumnya rumah klasik memiliki ruangan yang sangat luas dengan langit-langit yang tinggi, maka tidak ada salahnya jika Anda menggunakan chandelier berukuran 2 meter.

Sesuaikan lampu dengan sistem penerangan ruangan

Sistem penerangan ruangan juga merupakan faktor penting untuk menentukan chandelier yang akan digunakan. Jika Anda menjadikan lampu gantung sebagai pencahayaan utama, pilihlah lampu bohlam yang cahayanya terang agar mampu menerangi ruangan dengan sempurna. Namun apabila chandelier hanya sebagai elemen dekorasi atau aksen pada ruangan, sebaiknya gunakan bohlam dengan pencahayaan redup.

Share this:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here