Korea memiliki tanggal perayaan tahun baru yang bersamaan dengan tahun baru Cina. Tahun baru ini jatuh pada hari pertama kalender lunar di Korea, mereka menyebutnya Seollal (설날). Oleh karena hari tersebut dianggap sebagai hari raya rakyat Korea yang terbesar dan terpenting, Seollal dirayakan menjadi hari libur nasional selama tiga hari.

Bagi mereka yang sudah tidak tinggal bersama orang tua, perayaan Seollal digunakan untuk pulang kampung ke rumah orang tua, atau yang biasa kita sebut dengan mudik. Selain berkumpul dengan sanak saudara dan keluarga, orang Korea juga melakukan penghormatan kepada leluhur mereka. Sehari sebelum Seollal, biasanya mereka menggunakan pakaian tradisional Korea, hanbok, dan melakukan persiapan untuk perayaan mulai dari persiapan ritual penghormatan, permainan tradisional, dan menyiapkan makanan. Makanan yang biasanya dihidangkan untuk merayakan Seollal adalah tteokguk.

Tteokguk merupakan sup kue beras yang dibuat dengan cara menumbuk adonan tepung beras yang sudah direbus. Setelah itu dibentuk menjadi gulungan yang dipotong bulat panjang, kemudian direbus ke dalam kaldu daging. Tteokguk disajikan dengan tambahan daging sapi dan daging burung pegar. Bukan hanya menjadi hidangan bagi para keluarga, tteokguk juga disajikan sebagai sesajen untuk para leluhur.

Tidak berbeda dari tahun baru Cina, Seollal pun juga mengenal tradisi memberi angpao. Hal itu dilakukan setelah melakukan penghormatan dan menikmati hidangan tradisional Seollal. Untuk mendapatkan angpao, anak-anak atau anggota keluarga termuda melakukan penghormatan kepada para orang tua dengan cara membungkuk sambil mengatakan “saehae bok manhi badeuseyo” yang artinya “semoga tahun ini dipenuhi berkah”. Setelah itu, para orang tua membalas dengan memberi kantong kecil yang berisi uang, disebut dengan “sebaetdon”.

Selain acara tradisi yang dilakukan bersama keluarga, pada saat Seollal tentunya banyak acara atau festival yang diadakan untuk merayakan tahun baru. Perayaan dan festival tersebut biasanya diselenggarakan di pusat-pusat kebudayaan Korea, atau tempat wisata yang berhubungan dengan tradisi serta kebudayaan Korea.

Wah, menarik bukan? Hal ini bisa menjadi salah satu pilihan tanggal ketika Anda ingin berlibur ke Korea dan menikmati serunya tahun baru lunar di Korea.

Share this:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here