2 Sistem Rem Sepeda motor yang kamu harus tahu!

0
102
2 sistem rem sepeda motor

2 Sistem Rem Sepeda motor yang kamu harus tahu! – Pada saat akan membeli sepeda motor mungkin banyak orang hanya memperhatikan spesifikasi kecepatan pada sepeda motor tersebut. namun, sebenarnya ada hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli sepeda motor selain spesifikasi kecepatan. Sistem Rem pada sepeda motor, inilah hal penting yang harus diperhatikan selain kecepatan dari sepeda motor itu sendiri.

Karena sistem rem pada sepeda motor terdapat 2 jenis yakni Rem Cakram dan Rem Tromol. Tiap jenis sistem Rem ini memiliki peran yang sama yaitu mengurangi kecepatan dari sepeda motor saat berkendara. Namun, apa perbedaan dari kedua sistem Rem tersebut? Berikut penjelasannya.

Sistem Rem Cakram & Rem Tromol

Rem Cakram

 

2 sistem rem sepeda motor 3
Rem Cakram
Source : https://www.google.co.id/

Rem Cakram merupakan sistem Rem yang biasanya digunakan pada sepeda motor dengan kapasitas cc yang besar, sehingga mampu mengurangi kecepatan sepeda motor saat berkendara dengan kecepatan tinggi. Tak hanya digunakan pada sistem Rem motor, Sistem Rem Cakram juga digunakan pada mobil dan kereta api karena dianggap lebih efektif untuk mengurangi kecepatan.

Sesuai dengan namanya, cara kerja sistem Rem Cakram adalah dengan menggerakkan piston untuk mendorong kampas rem bergerak menjepit Cakram dari dua sisi. Gesekan pada cakram yang terhubung dengan roda akan membuat roda ikut melambat kecepatannya.

Lalu, bagaimana dengan sistem Rem Tromol?

Rem Tromol

 

2 sistem rem sepeda motor 2
Rem Tromol
Source : https://www.google.co.id/

Berbeda dengan sistem Rem Cakram, Rem Tromol biasanya digunakan pada sepeda motor dengan kapasitas cc kecil. Sistem Rem ini terbilang murah namun kemampuannya dalam pengereman pada kecepatan tinggi juga tidak diragukan. Sistem Rem ini tak terlihat dari luar dan tentu berbeda dengan sistem Rem Cakram yang terlihat dari luar.

2 sistem rem sepeda motor 4
Brake Shoe
Source : https://www.google.co.id/

Cara kerja Rem tromol ini adalah ketika tuas rem ditarik, lengan rem akan memutar cam/nok yang membuat Brake shoe mengembang dan kampas rem akan bergesekan dengan Tromol sehingga gesekan ini menyebabkan kecepatan sepeda motor menjadi berkurang.

Itulah penjelasan dari kedua Sistem Rem pada sepeda motor. Masing-masing memiliki fungsi yang sama namun dengan kebutuhan yang berbeda. Dan kini anda tak perlu bingung untuk membeli kampas rem, karena anda bisa memesan kampas rem Baransu secara online. Anda juga bisa langsung menghubungi kontak WA dan LINE resmi Baransu.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.