7 Museum Cokelat Dunia yang Wajib Dikunjungi

0
170

Museum cokelat? Membayangkan saja sudah senang. Benar bukan, Sahabat Inspirasi Pagi?

Banyak orang menyukai cokelat. Apalagi berada di museum cokelat. Tak hanya mengenal tentang cokelat, Anda bisa mencicipi berbagai jenis cokelat. Nah, jika Sahabat Inspirasi Pagi sedang berada di beberapa negara berikut jangan lupa untuk berkunjung.

Museum cokelat bisa menjadi daya tarik sendiri selain museum sejarah. Mulai dari informasi dasar mengenai cokelat, proses pengolahan hingga beragam sajian berbahan cokelat.

Di mana sajakah museum cokelat yang wajib dikunjungi?

Choco-Story Chocolate Museum,  Republik Ceko

Tak hanya belajar tentang sejarah cokelat,  Anda dapat melihat koleksi cokelat-cokelat unik yang dipamerkan di sana. Anda juga dapat menemukan asal muasal cokelat hingga diolah menjadi cokelat dengan tekstur yang halus. Pastinya bisa langsung dicicipi di tempat.

Baca Juga: Liburan ke Tempat Wisata Saat Pandemi? 3 Hal ini Perlu Diperhatikan

The Cologne Chocolate Museum, Jerman

Memiliki bentuk bangunan yang unik di tepi sungai dan lokasinya dekat dengan Cologne Catedral. Museum ini memberikan Anda pengetahuan tentang cokelat dari jaman dulu hingga sekarang, proses pembuatan cokelat dari awal sampai akhir, serta mesin pembuatan coklat yang digunakan untuk memproduksi cokelat bisa Anda nikmati disana. Dengan gaya futuristik, museum ini melainnya mempunyai rumah kaca tropis yang berisi pohon kakao dan 60 tanaman eksotik lainnya. Chocolate fountain juga merupakan ciri khas museum ini.

Terdapat pula toko di bagian depan yang menjual berbagai macam cake dan cokelat.

Museu de la Xocolata, Barcelona

Museum ini menampilkan semua sejarah cokelat di Eropa. Sejarah bagaimana proses perdagangan cokelat hingga proses pengolahan serta manfaatnya. Anda akan diberi sepotong cokelat saat memasuki museum. Tak hanya itu,  aroma cokelat begitu menggoda saat Anda memasuki museum ini.

Hershey’s Chocolate World, Pennsylvania

Bagi Anda penggemar cokelat Hershey, Anda bisa berkunjung ke Hershey’s Chocolate World. Di museum ini, Anda bisa mengetahui kisah pengusaha Milton Hershey dalam membangun bisnis cokelat. Jangan lupa untuk merasakan sensasi mencicipi cokelat Hershey di negara asal ya.

The Perugia Chocolate House, Italia

Jika Anda singgah di Italia, luangkan waktu untuk berkunjung ke Perugia. Di sana terdapat rumah cokelat khas Italia.  Mulai dari museum bersejarah cokelat, pabrik cokelat, sekolah cokelat, hingga suvenir serba cokelat.

Tur ke museum ini biasanya dilakukan selama satu jam. Di museum ini, Anda bisa belajar bagaimana biji kakao dibuat menjadi cokelat yang lezat. Anda juga bisa melihat secara langsung pembuatan Perugina Baci.

Panny’s Amazing World of Chocolate, Kanada

Museum ini berada di Philip Island Chocolate Factory. Uniknya selain mempelajari sejarah cokelat,  museum ini juga memamerkan beberapa karya seni cokelat yakni replika patung David dan lukisan mozaik Dame Edna. Anda bisa mengajak buah hati Anda untuk membuat cokelat bersama.

The Lindt Home of Chocolate, Zurich, Switzerland

Perusahaan ini baru saja membuka museum serta pabrik di Zurich pada 13 September 2020. The Lindt Home terdiri dari museum pameran interaktif seluas 6000 persegi, toko serta pabrik cokelat. Hal unik tentang The Lindt Home of Chocolate ini adalah memiliki air mancur cokelat setinggi sekitar 9 meter.  Berlokasi tepat di lobi bangunan. Desain air mancur cokelat ini juga unik. Terdiri dari tiang tinggi dengan whisk besar di bagian atas. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 1500 liter cokelat asli digunakan pada air mancur cokelat tersebut. Anda juga bisa belajar dan membuat cokelat sendiri.

loading...