Aklimitisasi untuk Pendakian Gunung, Seberapa Pentingnya sih?

0
61
aklimatisasi
Source : https://google.co.id/

Aklimitisasi untuk Pendakian Gunung, Seberapa Pentingnya sih? – Mendaki gunung merupakan aktivitas luar ruangan yang cukup banyak disukai masyarakat di Indonesia mengingat Indonesia mempunyai banyak gunung dengan pemandangan indah yang sayang untuk dilewatkan. Namun, sebelum melakukan pendakian banyak yang perlu disiapkan mulai dari fisik, mental, finansial, peralatan hingga logistik. Persiapan fisik merupakan hal terpenting dalam kegiatan ini mengingat sulitnya medan yang akan dihadapi.

Untuk pendakian gunung dengan ketinggian diatas 2500 mdpl sangat perlu untuk melakukan Aklimitisasi pada tubuh agar terhindar dari AMS (Acute Mountain Sickness). Lalu, apa sebenarnya Aklimitisasi itu? Berikut penjelasannya.

Apa itu Aklimitisasi?

Aklimitisasi merupakan suatu upaya penyesuaian fisiologis atau adaptasi dari suatu organisme terhadap suatu lingkungan baru yang akan dimasukinya.

Jadi, sebelum melakukan pendakian perlu dilakukan adaptasi tubuh terhadap suhu di ketinggian tertentu.

Pentingkah Melakukan Aklimitisasi?

Aklimitisasi untuk pendakian Gunung sangat penting dilakukan mengingat semakin tinggi letak suatu tempat maka konsentrasi oksigen tetap sama. Namun, tekanannya (PO2) akan semakin merendah. PO2 di ketinggian > 12.000 feet (> 3.658 mdpl) adalah sekitar 283 mmHg, sedangkan untuk tekanan di puncak Everest hanya sekitar 231 mmHg saja. Maka dari itu tubuh kita harus beradaptasi dengan rendahnya tekanan oksigen.

aklimatisasi
Source :
https://google.co.id/

Agar dapat beradaptasi, tubuh kita perlu melakukan banyak perubahan seperti nafas yang lebih dalam dan juga cepat, detak jantung yang lebih cepat, peningkatan jumlah darah yang dipompa dari jantung, pada produksi sel darah merah dan hemoglobin yang banyak dan lain sebagainya. Proses ini akan membutuhkan waktu, oleh karena itu sangat perlu untuk dilakukan dengan Aklimitisasi.

Aklimatisasi tidak berarti beristirahat terus menerus atau tidur, tapi pendaki justru harus melakukan kegiatan aktif. Cobalah untuk melakukan trail running ringan di ketinggian yang sama atau ke ketinggian yang lebih tinggi. Panjangnya latihan bisa dibatasi selama 3 jam setiap harinya. Dan jangan lupa cukup istirahat dan asupan gizi yang cukup untuk pendakian di hari berikutnya.

Jika tidak melakukan Aklimitisasi akan sangat beresiko bagi pendaki dan akan dapat menyebabkan AMS (Acute Mountain Sickness) bahkan menyebabkan kematian.

itulah penjelasan tentang pentingnya Aklimitisasi untuk pendakian gunung. Semoga bermanfaat.

Baca artikel inspiratif lainnya:

loading...