Permainan Sederhana untuk Atasi Stress dan Cemas

0
207

Atasi Stress – Siapa yang tidak kenal dengan fidget spinner, squishy, atau slime ? Nama-nama tersebut adalah nama permainan yang saat ini sedang digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa. Para orang tua pada awalnya mungkin bertanya-tanya apa kegunaan dari permainan yang sangat sederhana itu. Bahkan ada yang berpikir bahwa permainan tersebut tidak ada manfaatnya bagi anak-anak. Sebenarnya permainan jenis apakah itu? Mari kita bahas satu persatu bersama Inspirasi Pagi.

Fidget Spinner
Dalam bahasa Indonesia, fidget mempunyai arti gelisah, cemas, duduk dengan gelisah, dan seseorang yang dalam keadaan tidak tenang. Sedangkan spinner sendiri berarti pemintal atau pemutar. Fidget spinner dimainkan dengan cara diputar baling-balingnya dengan bantuan jari secara terus menerus.

 

Squishy
Dalam bahasa Indonesia, fidget mempunyai arti gelisah, cemas, duduk dengan gelisah, dan seseorang yang dalam keadaan tidak tenang. Sedangkan spinner sendiri berarti pemintal atau pemutar. Fidget spinner dimainkan dengan cara diputar baling-balingnya dengan bantuan jari secara terus menerus.

Slime
Slime terbuat dari suatu gumpalan cairan kental yang dimainkan dengan cara menekan, menarik, memencet, atau membentuknya tetapi dapat kembali ke bentuk semula. Slime juga dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan di sekitar kita dengan mudah.

Permainan tersebut bukanlah permainan biasa. Fidget spinner, squishy, dan slime ternyata mempunyai banyak manfaat, di antaranya adalah untuk atasi stress dan mengatasi rasa cemas pada seseorang.

Stress atau rasa cemas bukan hanya dapat dirasakan oleh orang dewasa, tetapi anak-anak pun juga dapat merasakannya. Pada anak-anak, penyebab stress bisa dipicu dari hal yang sederhana bagi orang dewasa seperti susah buang air besar, keinginannya tidak dipenuhi, atau merasa sakit hati ketika dimarahi oleh orang tuanya. Stress pada anak-anak biasanya dilampiaskan melalui kemarahan atau tangisan. Oleh karena itu, daripada anak-anak melakukan sesuatu hal yang negatif, ada baiknya apabila diberikan permainan seperti squishy dan slime. Sifat kenyal yang dimiliki oleh permainan tersebut dapat memberikan rasa nyaman pada anak-anak, sehingga mereka tertarik untuk memainkannya dan lupa akan stress yang mereka alami.

Begitu pula saat anak sedang mengalami kecemasan. Mereka akan melakukan sesuatu secara tidak sadar, seperti duduk sambil menggoyang-goyangkan kaki, menggigit kuku atau jari, memainkan rambut, mengetuk meja, atau kegiatan lain yang dilakukan secara refleks. Fidget spinner adalah permainan yang cocok diberikan kepada anak yang memiliki kecemasan sebagai pengganti kebiasaan menggerakkan anggota badan secara refleks.

Dalam mencegah dan menghindari anak-anak melakukan hal-hal yang negatif, lebih baik diberikan permainan yang sederhana tetapi bermanfaat. Sehingga selain menarik perhatian mereka, permainan tersebut juga dapat membantu daya kembang tumbuh anak.

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.