Ban bias dan radial, apa yang membedakan?

0
55
ban bias dan ban radial

Ban bias dan radial, apa yang membedakan? – Secara kasat mata ban memang terlihat sama dari bentuk dan bahannya. Namun, ternyata ada dua jenis ban yakni ban bias dan ban radial. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui tentang perbedaan dari kedua jenis ban ini. Dari tampak luar memang akan susah untuk membedakan keduanya. Lalu, apa yang membedakan antara Ban bias dan Ban radial? Berikut penjelasannya.

Perbedaan Ban bias dan Ban Radial

Ban Bias

Ban jenis ini adalah jenis ban yang umum digunakan pada sepeda motor terutama sepeda motor dengan kapasitas mesin yang kecil. Dalam Ban Bias terdapat serat atau lembar Cord yang terbuat dari nylon ditenun dengan pola zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat terhadap keliling lingkaran ban.

ban bias dan ban radial
Source:
http://otofreak.com/
ban bias dan ban radial
Source:
http://otofreak.com/

Ban Radial

Berbeda dengan Ban Bias yang biasa digunakan pada motor berkapasitas mesin kecil, jenis ban ini lebih cocok digunakan pada sepeda motor Sport yang mana berkapasitas mesin besar. Hal ini dikarenakan jenis Ban Radial memiliki daya cengkram terhadap aspal lebih besar dibandingkan dengan jenis Ban Bias. Dalam Ban Radial juga terdapat rangka yang terdiri kawat baja disusun secara vertikal dan horizontal. Bahan kawat baja digunakan karena kekuatan serta kelenturan yang lebih baik dibandingkan dengan bahan nylon. Oleh sebab itu kemampuan Ban Radial dalam melewati medan jalan kering, basah maupun tidak rata jadi lebih baik dibandingkan dengan Ban Bias.

Itulah perbedaan antara jenis Ban Bias dan Ban Radial. Pilih dan gunakan jenis ban sesuai dengan kendaraan dan fungsinya untuk mendukung performa kendaraan. Tak hanya ban, Sparepart pada sepeda motor pun juga harus diperhatikan untuk memperoleh performa yang maksimal. Baransu merupakan salah satu merk Sparepart motor berkualitas untuk menunjang performa sepeda motor anda. Anda juga dapat melakukan pemesanan sparepart Baransu secara online atau menghubungi kontak WA dan Line resmi Baransu.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.