Bearing Motor Rusak, Ini Cara Mengenalinya!

0
28
Bearing Motor Cepat Rusak
Source : https://google.co.id/

Bearing Motor Rusak, ini Cara Mengenalinya! – Meskipun Bearing Motor merupakan komponen yang kecil pada motor, komponen ini memiliki peran yang cukup penting agar putaran roda dapat berputar lancar. Selain itu, apabila komponen ini sudah rusak dan tak segera diganti juga dapat membahayakan bagi pengendara motor. Tapi sayangnya tak banyak orang tahu cara mengenali Bearing Motor yang sudah aus atau rusak. Oleh karena itu berikut adalah beberapa cara untuk mengenali Bearing Motor yang sudah rusak.

Kenyamanan Saat Berkendara

Cara pertama yaitu merasakan kenyamanan pada saat berkendara. Pada saat motor melaju di jalan, tentunya pengendara dapat merasakan putaran roda pada motor apabila terdapat gesekan yang mengakibatkan putaran roda menjadi tidak lancar. Memang sedikit susah apabila belum terbiasa, namun dengan cara ini akan sedikit membantu untuk mengetahui jika Bearing Motor mulai aus dan rusak.

Melihat Gerak dan Mendengar Suara Roda

Cara kedua yaitu dengan melihat gerak roda serta mendengar suara pada saat roda berputar. Gunakan standar tengah motor lalu putar roda menggunakan tangan dan perhatikan. Apabila putaran roda tidak stabil atau cenderung lebih cepat berhenti berputar maka bisa jadi Bearing pada roda sudah aus atau rusak. Selain itu, apabila Bearing Motor Rusak biasanya akan terdengar suara gesekan pada bagian roda pada saat diputar. Bunyi itu sendiri biasanya diakibatkan oleh bola-bola besi dalam Bearing yang kotor atau berkarat sehingga menimbulkan bunyi pada saat roda diputar.

Goyangkan Roda

Pertama gunakan standar tengah motor lalu goyangkan roda kearah kanan dan kiri secara berulang. jika memang terasa ada kelonggaran pada poros roda, maka dapat dipastikan Bearing pada motor sudah aus dan perlu untuk diganti.

Untuk penggantian Bearing Motor dapat anda lakukan sendiri atau menggunakan jasa bengkel, namun jangan lupa untuk mengganti Bearing Motor berkualitas agar tidak mudah aus seperti produk Bearing Motor dari BARANSU. Anda dapat melakukan pemesanan Bearing Motor Baransu pada website resmi Baransuparts.com atau langsung menghubungi kontak WA dan Line resmi Baransu.

Itulah beberapa cara untuk mengenali Bearing Motor yang sudah rusak. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...