Tips Bekerja Nyaman dan Cepat saat WFH

0
269
Digital displays surrounding us from everywhere

Bekerja nyaman di era new normal? Siapa yang tak mau. Semua orang yang bekerja saat ini menginginkan bekerja nyaman dan menyenangkan.

Seiring melejitnya istilah WFH (Work From Home) di era new normal ini mengharuskan individu untuk bekerja sendirian tanpa berdampingan dengan rekan kerja selayaknya di kantor.

Banyak orang senang dengan tren ini, tapi tidak sedikit juga yang mengeluh. Beberapa pihak mengeluhkan tingkat efektivitas hasil kerja saat pekerjaan dikerjakan di rumah. Mereka biasanya mengaku tidak fokus karena berada di rumah. Mereka beranggapan rumah adalah tempat istirahat.

Ada pula yang merasa bekerja adalah tentang diskusi dengan rekan kerja. Bekerja dari rumah membatasi interaksi langsung dengan rekan kerja karena harus menggunakan panggilan video yang dibatasi medium. Apapun itu, WFH bukan sekedar tren buatan belaka namun kenyataan yang harus dimaklumi semua orang.

Baca Juga: 5 Tips Aman Berbelanja di Era New Normal

Keadaan memang tidak bisa diubah, tapi kita sebagai manusia bisa memilih untuk menyikapi keadaan di sekitar kita. Bekerja dari rumah tidak semenyebalkan itu kok. Berikut beberapa tips untuk Sahabat Pagi yang sedang berusaha beradaptasi dengan tren baru tersebut. Psst, tips ini juga diyakini bisa membuat pekerjaan kita cepat beres loh. Apa saja?

Jaga kebersihan meja

Pernah dengar istilah kebersihan meja kerja adalah cermin dari pikiran? Ya, walaupun Anda tidak bekerja di meja kerja selayaknya di kantor, tetap jaga kebersihan meja kerja di rumah ya. Ini penting. Semakin banyak kekacauan di meja kerja, dijamin pikiran juga akan terbawa kacau. Bukan tidak mungkin jika Anda semakin uring-uringan. Alhasil, kerja juga tidak fokus dan semakin lama untuk selesai.

15 menit awal adalah kunci

Apa saja yang sebaiknya dilakukan saat 15 menit awal memulai pekerjaan? Pertama, jangan tanyakan apapun tentang apa yang sedang Anda lakukan di 15 menit awal. Hal tersebut akan memecah fokus karena pikiran akan mulai memikirkan banyak hal yang diam-diam sebenarnya tidak penting.

Kedua, buatlah rancangan tentang apapun yang akan dikerjakan di hari itu. Biarkanlah rancangan itu penuh cela dan tidak sempurna. Hal ini akan membuat Anda tidak merasa tertekan dan lebih santai dalam bekerja.

Baca Juga: 7 Cara Cegah Penularan Virus Corona di Tempat Kerja

Bekerja di bawah lampu terang

Lampu yang terang akan berpengaruh terhadap produktivitas seseorang. Itulah mengapa lampu-lampu di kantor menggunakan lampu super terang untuk meningkatkan produktivitas karyawan mereka. Oleh karena itu, pilih lokasi dengan lampu paling terang. Atau mungkin yang terkena cahaya matahari lebih banyak sebagai tempat untuk bekerja.

Berhenti di waktu yang tepat

Stuck saat bekerja adalah hal lumrah. Jika Anda merasa berada di jalan buntu selama lebih dari 30 detik, tidak ada salahnya untuk melakukan hal lain. Gunakan timer untuk membantumu mengerti kapan saat rehat yang tepat. Gunakan metode promodoro untuk menghindari diforsir dalam bekerja.

Terlihat mudah untuk dilakukan kan, Sahabat Pagi? Yuk, tetap semangat walau WFH.

loading...