Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan

0
110

Pernakah Anda begadang? Pasti pernah bukan? Padahal dampak buruk begadang akan merusak kesehatan. Penyebab umum kita begadang ialah terlalu asik bermain gadget, jet lag, insomnia, lembur kerja, dan makan terlalu banyak sebelum tidur. Dilansir dari laman Independent, National Sleep Foundation (NSF) dan panel yang terdiri dari 18 ilmuwan medis dan para peneliti mengulas lebih dari 300 penelitian tentang tidur, orang dewasa (18-64 tahun) dianjurkan untuk mempunyai jam tidur antara 7-9 jam dalam sehari. Ketika tidur dengan cukup tubuh dapat mempercepat tingkat metabolisme kulit dan banyak sel-sel tubuh menunjukkan peningkatan produksi dan mengurangi kerusakan protein.

Oleh karena itu penulis akan mengulas dampak begadang. Berikut beberapa dampak buruk begadang bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1.Obesitas

Ternyata orang yang sering begadang juga cenderung mempunya berat badan berlebih dikarenakan metabolisme tubuh dan pengeluaran hormon-hormon yang mengatur nafsu makan serta pemrosesan glukosa ternganggu.

2.Diabetes

Hasil riset para ahli dari University of Chicago mengungkapkan, kurang tidur selama 3 hari mengakibatkan kemampuan tubuh memproses glukosa menurun drastis, akibatnya tubuh memproses glukosa lebih lama dari pada biasanya.

3.Hipertensi dan Penyakit Jantung

Seperti dikutip dari healthysleep.med.harvard.edu, penderita hipertensi yang kurang tidur satu malam saja dapat mengalami peningkatan tekanan darah yang diikuti oleh resiko penyakit jantung dan stroke.

4.Menurunnya Fungsi Imun Tubuh

Pada saat sakit, kita cenderung tidur lebih lama dari pada biasanya, hal ini dikarenakan dengan tubuh sedang memperbaiki dan meningkatkan sistem imun untuk melawan infeksi. Maka dari itu tak heran jika kita mudah terserang penyakit kalau sering begadang.

5.Emosi tidak stabil

Jika Anda sering tidur larut malam, maka akan membuat Anda menjadi orang yang mudah marah dan moody. Dalam keadaan jangka panjang, begadang dapat memicu kecemasan, depresi dan gangguan mental.

6.Penuaan Dini

Kurang tidur dapat menyebabkan kortisol (sebuah hormon stres) mengalami pelepasan lebih banyak dibanding biasanya. Hormon ini bersifat memecah kolagen pada kulit, padahal kolagen adalah protein yang bekerja dalam menghaluskan dan menjaga elastisitas kulit.

Ternyata begadang mempunyai banyak dampak negatif bagi tubuh, kini saatnya Anda berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk begadang. Maka dari itu aturlah jadwal tidur sebaik mungkin, karena dampak buruk begadang mengancam kesehatan kita.

Baca juga:

Manfaat Teh Hijau untuk Kulit
Cara Jitu Atasi Mata Lembab dengan Praktis dan Mudah
Kuku Indah Anda Mudah Patah? Yuk Kenali Penyebabnya
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.