Warna Darah Menstruasi dan Artinya, Ada Artinya?

0
32

Menstruasi merupakan hal lumrah bagi wanita. Tidak jarang menstruasi diiringi dengan rasa nyeri maupun perubahan mood seolah semudah membalikkan telapak tangan. Namun, pernahkah Anda memperhatikan warna darah saat menstruasi? Terkadang warna merah terang, tapi di lain hari berubah menjadi merah gelap dan membuat khawatir. Memberi perhatian pada hal ini kelihatannya  remeh tapi penting loh, Sahabat Pagi . Perubahan warna pada darah menstruasi bisa mengindikasikan tentang informasi kesehatan tubuh. Jadi, apa saja variasi warna pada darah saat haid berlangsung, serta arti yang terkandung di dalamnya? Simak ulasan berikut ya!

Baca Juga: Tips Lancar Menjalani Menstruasi. Hindari Hal Berikut Ini!

Merah terang

Sewajarnya, darah menstruasi berwarna merah terang. Jadi, jika darah menstruasi Sahabat pagi berwarna merah terang mengindikasikan aliran darah menstruasi yang tetap dan normal. Tapi, perlu waspada jika darah merah terang ini dibarengi dengan rasa sakit atau situasi tidak normal yang tidak biasanya Anda alami. Bisa jadi ini merupakan indikasi suatu penyakit yang sebaiknya segera dicegah dengan pemeriksaan ke dokter.

Merah tua

Saat di awal atau mendekati hari akhir, biasanya darah akan cenderung berwarna merah tua. Darah merah tua juga bisa terjadi saat Anda baru bangun tidur di pagi hari. Ini disebabkan oleh darah yang terkumpul saat tubuh lama berbaring dan akan siap untuk keluar saat Anda berdiri. Darah haid berwarna merah terang juga termasuk normal dan wajar. Selain itu, darah nifas yang keluar pasca melahirkan juga akan berwarna merah tua. 

Coklat

Menstruasi mau kelar, tapi bukannya berwarna merah tua, tapi kok warnanya coklat? Hal ini biasanya akan terjadi pada wanita yang mengalami siklus menstruasi lambat setiap bulannya. Karena kelambatan itu, darah akan lebih lama pula untuk sampai dan melalui proses oksidasi sehingga berubah menjadi coklat dan bukannya merah tua. Ini wajar kok.

Hitam

Untuk warna darah hitam bisa jadi sedikit mengkhawatirkan. Tapi apa warna benar-benar akan sama dengan pengartiannya? Ada kemungkinan, darah saat haid bisa berwarna hitam karena darah yang sudah sangat tua dan lambatnya proses oksidasi Ini jauh lebih lama dari saat darah warna coklat maupun merah tua. Namun, darah haid berwarna hitam yang disertai dengan pembengkakan atau gatal pada vagina, demam tinggi, serta bau tidak sedap, bisa jadi memiliki arti lain yang cenderung mengkhawatirkan. Sudah saatnya Sahabat Pagi membuat janji dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Merah muda

Warna merah muda terjadi karena hormon estrogen dalam tubuh rendah. Biasanya hal ini dialami oleh seseorang yang sedang menggunakan alat kontrol hormon kehamilan. Seseorang yang sedang dalam masa diet ketat sehingga berat badan turun drastic, atau penderita anemia juga memiliki kemungkinan mengalami darah mestruasi berwarna merah muda.

Baca Juga: Ritual Sederhana Penunjang Kualitas Tidur Baik

Abu-abu

Selain hitam, ada juga warna aneh yang mungkin muncul, yakni warna abu-abu. Warna ini bisa mengindikasikan terjadinya vaginosis bakterialis. Jika Anda mengalami gatal pada vagina atau sensasi terbakar saat buang air, maka segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan ya.

Bagaimana Sahabat Pagi, sudah tahu mengenai arti warna darah saat haid? Yuk, mulai jaga pola makan serta kebersihan ya.

loading...