5 Fakta Seputar Garam, Sudah Tahu?

0
632
Closeup of salt texture

Garam selalu ada sebagai bumbu dapur. Rasa masakan akan hambar jika tanpa memakai garam. Benar kan, Sahabat Pagi? Namun, garam tak hanya untuk masakan. Garam juga mempunyai peran pada tubuh manusia. Ada beberapa fakta seputar garam, Sahabat Pagi sudah tahu?

Garam dan Bayi

Bayi tidak bisa merasakan asin hingga usia empat bulan. Mereka hanya merasakan manis, asam, dan pahit pada lidah mereka. Karena itu, garam sering dihilangkan dari bahan makanan bayi.

Sodium Garam dapur dan garam laut

Garam dapur atau garam meja dan garam laut memiliki sodium yang sama. Walau garam laut disebut lebih sehat daripada garam dapur, namun terdapat studi mengatakan jika dua jenis garam ini mempunyai kandungan sodium yang sama. Perbedaannya hanya garam laut mempunyai banyak kandungan mineral seperti magnesium.

Baca Juga: 7 Jenis Rujak Khas Indonesia Wajib Coba

Garam dan Air Mendidih

Apakah ada hubungan garam dengan air mendidih? Tentu. Banyak kita ketahui jika merebus pasta, para chef selalu memasukkan sejumput garam ke dalam air. Bukan tanpa alasan, memasukan garam pada air memiliki fungsi untuk membuat pasta gurih dan cepat matang.

Garam dan Tequilla

Seringkali para pecinta minuman Tequilla berpendapat jika tequilla baiknya diminum bersama dengan sejumput garam. Setelahnya menyesap lemon. Faktanya di Meksiko, garam hanya digunakan untuk pendamping tequila yang memiliki kualitas rendah.

Baca Juga : Garam Sehat? Kenali 5 Macam Garam ini

Detroit adalah Tambang Garam Terbesar Dunia

Detroit sering kita dengar sebagai kota dengan penghasil mobil di Amerika. Namun, pada 1901, Detroit adalah tambang terbesar di dunia dengan luas 1500 hektar.

Bagaimana Sahabat Pagi? Sekarang sudah tahu ya fakta tentang garam. Jangan lupa untuk tetap bijak dalam mengkonsumsi garam. Pilihlah garam sehat untuk Anda dan keluarga Anda. Jika ada informasi seputar fakta garam yang kaliah tahu, bisa ramaikan kolom komentar ya!

loading...