Fungsi Knalpot Pada Motor yang Wajib Kamu Tahu!

0
87
fungsi knalpot pada motor

Fungsi knalpot pada motor yang wajib kamu tahu! – Bagi pemilik kendaraan bermotor terutama sepeda motor pasti sudah tidak asing lagi dengan bagian dari sepeda motor ini. Terdapat berbagai jenis dan bentuk dari knalpot. Namun, masih banyak yang belum mengetahui fungsi knalpot pada umumnya.

Knalpot merupakan bagian dari sepeda motor yang terpasang pada mesin. Memiliki fungsi yang hampir sama dengan cerobong asap pada pabrik namun inilah beberapa fungsi knalpot sepeda motor pada umumnya!

Meredam suara ledakan dari ruang bakar dalam mesin

 

silencer-knalpot

Fungsi utama pada knalpot kendaraan bermotor adalah untuk meredam suara ledakan dari ruang bakar pada mesin. Ketika terjadi proses pembakaran bahan bakar akan menimbulkan ledakan-ledakan yang cukup besar di dalam ruang bakar. Bunyi ledakan yang dihasilkan akan sangat mengganggu dan menimbulkan polusi suara. Oleh karena itu peran knalpot sebagai peredam suara supaya tidak menimbulkan polusi suara yang dapat mengganggu.

Meningkatkan tenaga pada kendaraan

Selain menjadi peredam suara dari ruang bakar, knalpot juga dapat meningkatkan tenaga pada kendaraan bermotor. Namun, hal ini tidak bersifat mutlak karena meningkatnya tenaga pada kendaraan akan sangat tergantung dari desain, bahan – bahan knalpot serta perhitungan dari knalpot terhadap spesifikasi mesin. Jika perhitungannya tepat maka tenaga mesin kendaraan bermotor akan meningkat.

Sebagai ornamen pada kendaraan

Selain memiliki fungsi vital terhadap mesin, knalpot juga memiliki fungsi terhadap penampilan kendaraan. Beberapa produk knalpot memiliki bentuk dan desain yang unik sebagai pemanis pada kendaraan bermotor. Biasanya bentuk dan desain yang unik pada knalpot digunakan untuk kendaraan bermotor yang diikutsertakan suatu kontes.

Mengurangi polusi udara

 

Catalytic-converter

Catalytic converter merupakan teknologi terbaru dari knalpot saat ini. Catalityc converter atau CC berfungsi dengan sangat baik membantu mengkonversi karbon yang keluar melalui gas buang kendaraan bermotor. Hal ini dapat membantu meningkatkan efisiensi dan juga dapat mengurangi peningkatan dari polusi udara.

Nah, itulah fungsi umum dari knalpot pada kendaraan bermotor. Selalu perhatikan pemilihan knalpot pada kendaraan anda supaya berfungsi optimal. Selain knalpot, perhatikan pula spareparts pada motor anda. Selalu gunakan spareparts berkualitas untuk mendukung performa motor anda dan dapatkan spareparts motor berkualitas di Baransu.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.