Fungsi Oli Pada Mesin Sepeda Motor

0
168
Fungsi oli pada mesin sepeda motor

Fungsi oli pada mesin sepeda motor – Mungkin banyak orang yang belum mengetahui fungsi oli pada mesin sepeda motor. Ternyata fungsi oli pada mesin sepeda motor cukup penting lho. Selain berpengaruh pada performa mesin sepeda motor oli juga dapat membuat komponen pada mesin menjadi awet.

Fungsi Oli Pada Mesin Sepeda Motor

Mengurangi gesekan komponen dalam mesin

 

Fungsi oli pada mesin sepeda motor

dalam mesin sepeda motor terdapat banyak komponen yang bergerak dan bergesekan satu sama lain untuk menghasilkan putaran pada roda sepeda motor. Gerakan mesin yang begitu cepat dan kuat dapat mengakibatkan komponen mesin menjadi cepat aus, sehingga menyebabkan performa mesin menjadi berkurang dan mesin menjadi cepat panas.

Untuk mengurangi gesekan komponen dalam mesin maka dibutuhkan peran oli untuk melumasi setiap celah pada komponen dalam mesin untuk membuat komponen mesin menjadi awet dan tidak cepat aus. Semakin bagus kualitas oli juga akan semakin bagus pula kemampuannya untuk mengurangi gesekan dalam mesin.

Sebagai pendingin komponen mesin

Terjadinya gesekan dalam mesin dan hasil pembakaran di ruang silinder menakibatkan munculnya panas pada mesin. Oli pada mesin juga berfungsi sebagai pendingin komponen dalam mesin karena melumasi setiap komponen dan mengurangi gesekan dalam mesin sehingga mesin tidak cepat aus dan mengakibatkan kerusakan.

Sebagai perapat celah antara piston dengan silinder

Oli yang berfungsi sebagai pelumas dalam mesin dapat mengurangi kebocoran kompresi dan tekanan yang dihasilkan sistem pembakaran dengan membuat lapisan oli untuk mengisi celah antara piston dan silinder.

Peredam getaran mesin

Benturan piston, batang piston dan engkol menghasilkan suara bising dan getaran yang cukup mengganggu. Peran oli yang melumasi komponen tersebut berfungsi untuk meredam benturan  yang terjadi. Dengan begitu suara dan getaran mesin yang dihasilkan menjadi lebih halus.

Sebagai pembersih kotoran

Gesekan komponen dalam mesin ketika menyala mengakibatkan munculnya kotoran. Selain dapat meredam getaran dan benturan, oli juga berfungsi untuk membawa kotoran yang dihasilkan dari gesekan komponen mesin sehingga komponen mesin yang bergesekan tetap dalam keadaan bersih.

Sebagai anti karat

Komponen dalam mesin sepeda motor terbuat dari logam yang mudah berkarat apabila berkontak langsung dengan udara dan air. Oli melumasi bagian logam mesin sehingga terhindar kontak langsung dengan air dan udara yang dapat menyebabkan karat pada komponen mesin.

Kini kita sudah paham peran penting oli untuk mesin. Selalu lakukan perawatan rutin pada mesin untuk menjaga performa mesin tetap baik. Dan selalu gunakan pelumas serta spareparts berkualitas supaya awet dan tidak mudah aus. Baransu menyediakan berbagai macam spareparts berkualitas untuk keperluan sepeda motor anda.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.