Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia!

0
246
hari lingkungan hidup sedunia

Tahukah Sahabat Pagi jika tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia? Kali ini kita akan bahas mengenai sejarah bagaimana hari tersebut ditetapkan.

Melalui Konferensi Stockholm pada 5 – 16 Juni 1972, Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) mengadakan konferensi pertama yang membahas tentang lingkungan hidup. Latar belakang diadakannya konferensi ini ialah keresahan bersama akibat persoalan lingkungan. Pada saat itu, di wilayah Eropa persoalan yang muncul adalah kabut asap. Sementara itu, di Jepang juga sedang mewabah penyakit Minamata.

Selain persoalan yang dialami oleh negara-negara di atas, pada tahun 1960-an juga sedang marak pembangunan dan pembakaran hutan, limbah industri yang tidak dikelola dengan baik serta persoalan lainnya yang berdampak pada lingkungan.

Baca Juga : Mengharubiru dalam Kisah M & F di Novel “Beats Apart”

Konferensi tersebut mecapai kesepakatan, salah satunya adalah dengan dibentuknya sebuah lembaga lingkungan hidup yaitu United Nations Environment Programme (UNEP). Lembaga ini berada di bawah naugan PBB dan khusus menangani program lingkungan. UNEP berpusat di Nairobi, Afrika.

Dari Konferensi Stockholm menghasilkan 26 poin yang mencakup pelestarian sumber daya alam, penanggulangan polusi dan pencemaran, perencanaan pembangunan tanpa mengganggu lingkungan serta pendidikan lingkungan.

Baca Juga : Sol Sepatu Menguning? Ini Cara Mengatasinya!

Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Berbagai Peringatannya di Seluruh Dunia

Gisele Bündchen, salah seorang supermodel yang bergabung menjadi duta UNEP pada tahun 2014 mendukung gerakan untuk melindungi Bumi dengan mengirimkan pesan ke seluruh dunia dan bergabung dengan tim mereka untuk bersama mengatasi perubahan iklim.

Pada tahun 2017 di Kanada, tema “Connecting People to Nature” mengundang orang untuk menikmati alam terbuka dan untuk meneruskan ajakan melindungi Bumi yang kita tempati.

Selain itu, sebagai bentuk dukungan dalam menjaga kelestarian lingkungan, Abhay Kumar dari India turut berkontribusi dalam menciptakan lagu Earth Song! Kabarnya, lagu ini diterjemahkan dalam 8 bahasa : Bahasa Inggris, Arab, Tionghoa, Perancis, Spanyol, Rusia, Nepal dan Hindi.

Sahabat Pagi, kalau kalian berkontribusi apa nih dalam menjaga kelestarian lingkungan? Share di kolom komentar boleh lho 🙂

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.