Kain denim, berikut jenis dan karakternya

0
79
Kain denim,
Stretch Denim Source : https://google.co.id/

Kain denim, berikut jenis dan karakternya – Denim merupakan salah satu jenis kain yang banyak disukai hampir setiap kalangan baik tua maupun muda. Kain yang terkenal tahan lama serta memiliki warna yang menarik ini membuat banyak orang menyukainya. Tak hanya digunakan sebagai bahan dasar Jeans. Seiring berkembangnya jaman, kain denim juga biasa digunakan pada pembuatan kemeja, jaket, tas hingga topi. Tapi taukah anda jika kain denim memiliki beragam jenis dengan karakter yang berbeda? Berikut penjelasannya.

Kain denim, berikut penjelasan jenis
dan karakternya.

Dry denim / raw denim

Kain denim,
Raw Denim
Source :
https://google.co.id/

Pada umumnya, setelah tahap pewarnaan kain denim akan dicuci terlebih dahulu agar kainnya lemas dan tidak akan mengalami penyusutan jika dicuci oleh pemiliknya nanti. Jenis Dry denim ini adalah jenis kain denim yang tidak melalui proses pencucian itu, sehingga tekstur kain yang lebih keras dan kaku. Selain kaku, warna dari dry denim yang utuh tanpa luntur akibat proses pencucian membuat warnanya pudar secara alami seiring digunakannya kainnya ini sehingga terkesan unik.

Pre-washed denim

Kain denim,
Pre-washed Denim
Source :
https://google.co.id/

Kebalikan dari dry denim, kain pre-washed denim ini sudah melalui proses pencucian sehingga karakter kainnya lemas dan tidak mengalami penyusutan saat dicuci oleh pemiliknya. Untuk warna dari jenis kain denim ini, biasanya sudah memiliki beberapa bagian yang luntur sesuai dengan pola luntur yang ditentukan oleh penjahit atau pembuatnya. Akan tetap nampak keren meskipun pola lunturnya tak se-alami dengan seiring penggunaannya.

Stretch denim

Kain denim,
Stretch Denim
Source :
https://google.co.id/

Jenis kain denim ini memiliki campuran bahan spandex sehingga memiliki karakter kain yang lentur atau elastis. Biasanya jenis kain denim ini digunakan pada Skinny Jeans, karena fitting yang ketat mengikuti lekuk kaki sehingga karakter stretch denim yang lentur dapat membuat pemakainya tetap nyaman dan dapat leluasa bergerak.

Black Coated denim / waxed denim

Kain denim,
Coated Denim
Source :
https://google.co.id/

Jenis kain denim satu ini dilapisi dengan akrilik warna berwarna hitam untuk mengawetkan ke kain denimnya sehingga tahan lebih lama. Denim jenis ini juga otomatis berwarna hitam kilap sehingga terlihat elegan. Sama seperti jenis kain denim lainnya, warna pada kain denim ini juga akan luntur seiring dengan penggunaannya.

Itulah beberapa jenis dan karakter pada kain Denim. Mana jenis kain denim yang ingin kamu punya?

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.