Latihan Speed Work yang Bisa Kamu Coba

0
22
Latihan Speed Work
Source : https://google.co.id/

Latihan Speed Work yang Bisa Kamu Coba – Kebanyakan pelari menginginkan dapat berlari dengan cepat. Hal ini dianggap bahwa meningkatkan pace dapat berarti menyelesaikan lomba lari dengan baik. Banyak pula yang beranggapan untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan seorang instruktur untuk membantu meningkatkan kecepatan dalam berlari. Tetapi, tanpa adanya seorang instruktur kita juga bisa melakukan latihan untuk meningkatkan performa lari anda. Berikut adalah contoh latihan Speed Work yang bisa dicoba untuk meningkatkan performa lari.

Latihan Speed Work yang Bisa Kamu Coba

Latihan Interval

Latihan Speed Work
Source :
https://google.co.id/

Latihan ini adalah latihan yang terbilang paling mudah. Caranya adalah dengan melakukan lari biasa yang diselingi dengan lari sekencang-kencangnya sekitar 1-2 menit, kemudian turunkan kecepatan seperti semula (bukan berjalan). Setelah nafas kembali normal, ulangi lagi lari intens dengan waktu yang sama. Teruslah lakukan repetisi ini hingga 5 kali sebagai latihan awal, untuk selanjutnya Anda dapat meningkatkan durasi lari intens sesuai kemampuan Anda, semakin lama Anda dapat melakukan lari intens tanpa merasa terlalu lemah, maka cara ini dapat Anda terapkan dalam event lari marathon untuk mendapat hasil yang lebih baik.

Fartlek

Latihan Speed Work
Source :
https://google.co.id/

Fartflek yang berarti “main kecepatan” dalam bahasa Swedia ini tidak terlalu jauh berbeda dengan latihan interval, bedanya fartflek lebih bebas tanpa aturan. Intensitas, kecepatan, durasi, dan jaraknya dapat dilakukan sekehendak si pelari. Cara melakukannya adalah misalnya, setelah berlari santai selama 3 menit Anda kemudian berlari secepat-cepatnya sampai ke titik anda mulai sprint dan berhenti.

Hill Repeats

Latihan Speed Work
Source :
https://google.co.id/

Sama seperti latihan beban untuk kaki, karena lari pada permukaan yang menanjak akan menguatkan otot-otot kaki – hamstrings, quads, glutes, dan betis. Caranya dengan lari menanjak dengan durasi waktu tertentu, biasa antara 15 sampai 60 detik dengan intensitas tinggi. Tingkat kesulitan yang Anda rasakan berada pada level 8 sampai 9 dari skala 10 (1 paling mudah dan 10 paling sulit). Setelah berlari menanjak, jalan atau lari santai kembali ke posisi semula untuk menurunkan detak jantung, dan ulangi kembali lari menanjak. Lakukan pemanasan dan pendingingan dengan lari santai selama 10-15 menit sebelum memulai dan mengakhiri latihan.

Itulah beberapa contoh Latihan Speed Work yang bisa anda coba untuk meningkatkan performa. Selamat mencoba.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...