Uniknya Medali Asian Para Games 2018

0
253
Source : https://bolalob.com/

Uniknya Medali Asian Para Games 2018 – Asian Para Games 2018 resmi digelar setelah upacara pembukaan yang berlangsung meriah pada hari Sabtu (6/10/2018) berlokasi di Stadion Bung Karno, Jakarta.

Sebelumnya, INAPGOC selaku panitia penyelenggara pesta olahraga multicabang untuk para penyandang disabilitas se-Asia ini telah resmi memperkenalkan medali yang akan diperebutkan oleh para atlet pada setiap cabang olahraga yang dilombakan.

Medali Asian Para Games 2018 ini terbuat dari bahan besi solid yang dilapisi emas dengan teknik semprot. Pada bagian depan terdapat logo Asian Para Games 2018 serta tagline “The Inspiring Spirit and Energy Of Asia”. Lalu, pada bagian belakang terdapat logo Asian Paralympic Committee (APC) dan uniknya terdapat kode menggunakan huruf braille. Huruf braille digunakan untuk para penyandang tuna netra agar dapat mengenali medali tersebut.

Hal unik lain dari medali Asian Para Games 2018 yakni dapat menghasilkan suara gemerincing jika digoyangkan. Sura tersebut berasal dari bola-bola kecil yang ada di dalam kepingan medali. Medali emas berisikan 26 bola-bola kecil, perak berisi 20 bola-bola kecil sedangkan perunggu berisi 16 bola-bola kecil. Medali juga sengaja diciptakan seperti itu untuk memudahkan atlet tuna netra untuk mengenali medali yang diperoleh.

Source :
https://bolalob.com/

Bentuk medali ini terinspirasi dari medali Paralimpiade Rio 2016 yang diperoleh atlet powerlifting asal Bali, Ni Nengah Widiasih yang juga menghasilkan suara jika digoyangkan.

Medali ini akan diperebutkan oleh 2.762 atlet dalam 512 nomor pertandingan dari 18 cabang olahraga yang diperlombakan.

Yuk kita dukung atlet Indonesia serta memeriahkan gelaran Asian Para Games 2018 ini!

Baca artikel inspiratif lainnya:

loading...