Memilih Wallpaper Dinding yang Tepat untuk Rumah

0
263

Wallpaper dinding merupakan kertas dinding yang merupakan elemen yang juga penting untuk menambah keindahan ruangan di rumah Anda. Wallpaper bisa dijadikan sebagai hiasan pada dinding karena memiliki berbagai macam motif dan warna. Warna dinding yang polos dirumah cendrung membuat bosan sang penghuni rumah, karena tampilan ruangan akan terasa sangat monoton. Oleh karena itu, jangan pernah takut untuk memiliki inisiatif mendesain rumah Anda dengan wallpaper.

Berbeda dengan penggunaan cat, ada banyak hal yang penting untuk diperhatikan saat memilih wallpaper untuk dinding rumah Anda. Banyaknya motif, corak, dan warna wallpaper perlu dipertimbangkan lebih baik lagi untuk memilih. Maka dari itu, jangan sembarangan dalam memilih wallpaper. Bagaimana sih caranya memilih wallpaper dinding yang benar? Yuk, simak dibawah ini!

  1. Tentukan Ruangan

Tips awal yang perlu dilakukan sebelum memilih wallpaper adalah dengan menentukan ruangan terlebih dahulu. Karena motif wallpaper tidak bisa asal diterapkan pada setiap ruangan. Agar maksimal, motif dan warna wallpaper disesuaikan pada ruangan yang akan digunakan. Seperti contoh ruang tidur, ada baiknya menggunakan motif dan warna wallpaper yang tidak mencolok dan ramai untuk menciptakan suasana yang tenang dan nyaman. Hal ini dikarenakan karakteristik dan fungsi tiap ruangan pada rumah Anda berbeda.

  1. Ukur Luas Ruangan

Setelah Anda selesai menentukan ruangan yang akan didesain, langkah berikutnya adalah mengukur luas ruangan tersebut. Ukuran ruangan sangat berpengaruh pada motif, warna, dan corak wallpaper yang harus dipilih. Apabila ukuran ruangan kecil, wallpaper yang cocok adalah dengan motif yang sederhana dengan warna yang soft. Anda juga bisa menerapkan motif horizontal untuk memberikan ilusi ruangan yang besar. Agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih wallpaper, maka dari itu penting untuk mengukur ketinggian dan lebar dinding ruangan Anda. Kemudian jangan lupa, kurangi ukurannya jika terdapat pintu dan jendela.

  1. Pilih Warna Wallpaper

Memilih warna wallpaper sesungguhnya dapat menyesuaikan dengan keinginan Anda. Namun yang perlu diperhatikan adalah, tipe ruangan yang dipilih. Jika ruangan tidak terlalu luas sebaiknya pilihlah warna yang cerah dan hangat untuk memberikan kesan yang luas. Warna yang cerah juga bisa diterapkan pada ruangan yang minim cahaya. Selain itu, sesuaikan warna wallpaper dengan perabotan yang dimiliki agar ruangan tersebut menjadi ruangan yang pas. Terapkan wallpaper berwarna natural seperti coklat, krem, putih tulang. Warna-warna tersebut juga cocok diterapkan pada rumah klasik.

  1. Pilih Motif Wallpaper

Pada proses pemilihan motif wallpaper sangat menentukan kesan pada ruangan. Motif wallpaper akan membuat ruangan Anda terlihat semakin menarik. Sebab motif akan memainkan statement pada ruangan Anda. Motif kecil cocok diaplikasikan pada ruang tidur, dengan warna yang lembut untuk memberikan suasana ruangan yang tenang, santai dan nyaman. Apabila rumah Anda luas dan besar, Anda bisa memilih wallpaper bermotif besar. Sebaliknya, hindari motif besar untuk ruangan yang sempit karena akan memberikan kesan ruangan yang sangat kecil.

  1. Pilih Bahan Wallpaper

Bahan wallpaper yang paling diminati adalah vinyl. Karena vinyl termasuk bahan yang mudah untuk ditempel dan dilepaskan kembali. Ini sangat cocok bagi Anda yang suka bereksperimen dengan berbagai macam motif wallpaper. Keunggulan lainnya adalah bahan ini tidak mudah rusak dan nggul dalam udara yang lembab. Bahan vinyl pun terbagi menjadi vinyl-coated wallpaper dan solid vinyl wallpaper. Vintl-coated wallpaper mempunyai permukaan kasar namun mudah diberihkan dengan air. Jenis ini cocok digunakan hamper di seluruh ruangan pada rumah Anda. Sedangkan solid vinyl wallpaper cocok untuk diaplikasikan pada ruang dapur dan kamar mandi karena jenis ini bersifat waterproof. Namun kekurangan dari wallpaper jenis ini sulit untuk dilepas kembali.

Untuk menentukan wallpaper yang tepat butuh langkah yang tepat pula. Kendati Anda bisa untuk memilih sendiri wallpaper apa yang ingin digunakan, namun perlu diperhatikan jika pemilihan dan pemasangan wallpaper yang asal-asalan akan membuat ruangan justru tidak terlihat menarik. Belum lagi pemilihan bahan yang tidak tepat dengan kondisi dinding akan membuat wallpaper cepat rusak dan terkelupas. Oleh karena itu, percayakan pada ahlinya. Seperti pada Rumah Klasik yang menyediakan jasa konsultasi secara lengkap, mulai dari interior desain hingga pemilihan wallpaper yang tepat dan dicocokkan dengan karakter pemilik rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.