Mencuci Barang Sehari-hari: Kapan Waktu yang Tepat?

0
55
Membersihkan barang

Setiap individu pasti punya cara masing-masing jika berhubungan dengan masalah kebersihan. Terlebih lagi jika berkaitan dengan barang penunjang yang digunakan untuk aktivitas harian. Lalu timbul pertanyaan tentang kapan sih waktu yang tepat untuk membersihkan barang-barang yang ada di sekitar kita? Berikut ulasannya.

Tahunan

Karpet tidak hanya berfungsi sebagai pemanis ruangan dan pelengkap dekorasi. Nyatanya, karpet bisa meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, dengan cara menangkap debu atau partikel lain yang bisa menyebabkan alergi. Berdasarkan fungsi ini, karpet layak untuk terus diperhatikan kebersihannya. Pembersihan harian seperti memvakum, atau dengan cara manual seperti dengan menggunakan sapu lidi, harus dibarengi dengan pembersihan all out yang dilakukan setidaknya sekali dalam setahun.

Baca juga: Tips Berkebun Di Area Hunian Yang Terbatas

Bulanan

Kasur dan bantal tidur adalah barang yang harus dibersihkan dalam jangka waktu 6 bulan sekali. Walaupun terkesan merepotkan, hal ini menjadi sangat penting karena kasur dan bantal sangat krusial untuk menentukan kualitas tidur seseorang. Ada beberapa cara untuk membersihkan kasur, seperti dengan vacuum cleaner, atau dengan cara manual dengan menggunakan sikat dan sabun pembersih. Berbeda dengan kasur, bantal tidur bisa Anda cuci secara manual atau bisa juga menggunakan mesin cuci. Jangan lupa untuk kemudian menjemurnya dibawah sinar matahari untuk menghilangkan bakteri.

Mesin Cuci, seperti yang kita ketahui, merupakan tempat yang rawan dijadikan pertumbuhan bakteri semacam e-coli dan salmonella karena kelembapan yang ada di dalamnya. Maka dari itu, kita sangat disarankan untuk membersihkan mesin cuci setiap 1 bulan sekali. Anda bisa membersihkan mesin cuci dengan cara menambahkan 2 cup cuka putih ke dalam tabung, kemudian atur mesin untuk mencuci dengan suhu tertinggi (biasanya sekitar 90ÂșC). Anda juga bisa mengganti cuka putih dengan baking soda sebanyak setengah cup.

Mingguan

Seprei

Tanpa kita sadari, seprei bisa menyimpan beragam jenis bakteri yang bisa memicu terjadinya penyakit. Sebut saja asma dan eksema yang bisa dipicu oleh seprei kotor yang di dalamnya terkandung partikel debu sumber bakteri. Untuk menghindari hal ini, biasakan mencuci seprei Anda setiap minggunya dengan cuci suhu panas dalam mesin cuci. Bisa juga dengan cuci manual, dan jangan lupa dijemur di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Handuk mandi

Setiap selesai mandi, handuk akan menjalankan tugasnya untuk mengeringkan badan dari sisa air yang belum sepenuhnya kering. Tidak heran jika handuk yang kita pakai cenderung selalu lembap setelah kita gunakan. Lembap adalah suhu yang disukai bakteri. Maka dari itu jangan lupa untuk selalu mencuci handuk setiap minggunya dengan deterjen secukupnya. Karena, jika terlalu banyak menggunakan deterjen justru bisa mengurangi kelembutan dari handuk Anda. 

Kulkas

Jika Anda ingin memastikan bahwa makanan yang tersimpan di kulkas bersih dari lingkungan berbakteri, adalah hal wajib bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan kulkas. Jadwalkan waktu satu kali dalam seminggu untuk membersihkan kulkas Anda dengan kain yang dibasahi air dan sedikit cuka. Jangan lupa biarkan pintu kulkas tetap terbuka selama beberapa saat untuk proses pengeringan, pasca pembersihan dilakukan.

Baca juga: 5 Tips Agar Meja Kerja Makin Nyaman

Harian

Tempat cuci piring

Mikroorganisme dapat tumbuh subur di area ini jika Anda tidak menaruh perhatian lebih setiap harinya. Pembersihan harian di area ini sangat direkomendasikan sebagai langkah pencegahan area dapur anda menjadi sarang mikroorganisme. Semprot dengan disinfektan dan lap dengan kain basah, setiap harinya.

loading...