Mobil Tercepat Di dunia Koenigsegg One

    0
    58
    mobil tercepat

    Kali ini Inspirasi Pagi memberi Kabar tentang otomotif paling super yang datang dari Angelholm Swedia, tempat dilakukannya pengujian hypercars mewah Koenigsegg One:1. Nama Koenigsegg One:1 diambil dari rasio tenaga dengan bobot mobil yang menghasilkan angka 1:1, di mana berat mobil 1.341Kg dibagi 1.341HP, yang berarti satu tenaga kuda hanya menggondol 1 kg.

    google.com

    Koenigsegg One:1 berhasil memecahkan catatan rekor terbaru sebagai mobil tercepat di dunia dengan akselerasi 0-300 km/jam hanya dicapai dalam waktu 17,95 detik saja. Sebelumnya Koenigsegg dengan Agera R-nya pernah menjadi mobil paling cepat sedunia pada tahun 2011 dengan waktu akselerasi dari nol (0) hingga 300 kilometer per jam saat itu masih mencapai 21,19 detik.

    Pengujian terbaru pada hypercar Koenigsegg One:1 ini berlangsung pada lintasan khusus milik pabrikan asal Swedia tersebut dan dilakukan oleh pengemudi profesional bernama Robert Serwanski. Hal yang menarik dari uji coba mobil ini adalah cara mengemudi Robert ketika menggeber hypercar tersebut yaitu dengan posisi kedua tangan yang tidak menempel pada lingkar kemudi sambil kedua matanya terus berkonsentrasi ke depan, begitu pun pada saat melakukan pengereman, ia juga sempat melepaskan kedua tangannya dari stir kemudi.

    Uji coba akselerasi Koenigsegg One:1 ini direkam oleh sebuah alat bernama VBOX yang mencatat waktu dari posisi diam hingga mencapai kecepatan 300 km/h selama 11,992 detik dan waktu yang dibutuhkan untuk kembali berhenti atau kecepatan nol (0)km/jam adalah 6,03 detik. Sehingga total waktu yang dibutuhkan untuk mencapai akselerasi tersebut selama 17,95 detik. Catatan rekor terbaru ini diraih berkat pengurangan bobotnya hingga 50 kg dari model standar, dengan mesin alumunium 5.0L yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 1.341 horse power dan torsi maksimum hingga 1.371 Nm megacar Koenigsegg One:1 ini mempunyai top-speed hingga 450 km/jam.

    google.com

    Pabrikan hypercar Koenigsegg ini pada bulan September 2011 lalu sempat membuat dunia tertegun dengan Agera-R yang mencatatkan rekor akselerasi 0-300 km/h pada Guinness World Record. Pada waktu itu perusahaan tersebut memang menyatakan akan terus berusaha mengembangkan mobil sport mewah nya untuk bisa mengalahkan Bugatti Veyron Super Sport dalam 5 tahun ke depan. Hal ini ternyata dibuktikan pabrikan mobil tersebut pada tahun 2015 ini dengan catatan rekor baru akselerasi Koenigsegg One:1 yang hanya mencapai 17,95 detik untuk kecepatan 0-300-0 km/jam.

    Christian Von Koenigsegg

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here