Ujian Sebentar Lagi? Pahami Waktu Belajar Yang Efektif

0
66

Mendapatkan nilai diatas standar bukanlah hal yang mustahil jika kamu belajar. Kata-kata tersebut terdengar sangat klise, namun memang benar adanya. Tahukah kamu bahwa ilmu dan nilai yang baik itu memiliki sebuah kunci? Kunci untuk kedua hal tersebut adalah pengulangan. Katakan selamat tinggal pada SKS (Sistem Kebut Semalam), jika kamu tidak hanya menginginkan nilai yang bagus, tetapi juga ilmu yang tetap tinggal dalam dirimu. Lalu, apakah pengulangan berarti harus mempelajari hal yang sama setiap hari sampai waktu ujian diadakan? Tentu saja bukan, simak tabel dibawah ini untuk memahami lebih lanjut.

Waktu Ujian

Waktu Pengulangan

1 Minggu1-2 Hari
1 Bulan1 Minggu
3 Bulan2 Minggu
6 Bulan3 Minggu
1 Tahun1 Bulan

 

Ujian 1 minggu lagi!

Jika jadwal ujianmu tinggal 1 minggu lagi, maka persiapkan materi yang akan diujikan mulai hari ini, lalu kamu bisa mulai mengulang materi yang sama di keesokan harinya, atau lusa. Lakukan hal ini terus menerus hingga sehari sebelum ujian, ya!

Bagaimana belajar yang efektif jika ujian masih 1 bulan lagi?

Ujian yang akan diselenggarakan masih 1 bulan lagi, nih. Bagaimana cara belajar yang efektif ya? Kamu hanya perlu melakukan pengulangan setiap minggunya. Jadi, jika kamu belajar pada hari Senin, maka lakukan pengulangan pada hari Senin berikutnya. Cukup mudah bukan?

Ujian masih 3 bulan, nih!

3 bulan merupakan waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkan ujian. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan pengulangan pada materi yang akan diujikan setiap 2 minggu sekali.

6 bulan sebelum ujian

Wah, masih ada waktu 1 semester untuk mempersiapkan ujian! Lakukan pemanasan otak dengan mengulangi materi setiap 3 minggu sekali. Alhasil, kamu akan menguasai materi tersebut dengan baik.

Ujian masih tahun depan, what should I do?

Jika kamu mempersiapkan diri untuk ujian yang akan dilakukan 1 tahun lagi, kamu bisa melakukan pengulangan sekali setiap bulannya. Namun bukan berarti kamu hanya belajar selama 1 hari saja dalam bulan tersebut. Lakukan pre-test setiap 2 minggu sekali untuk menguji ingatanmu, dengan begitu kamu akan mendapat hasil yang maksimal.

Kamu tidak perlu khawatir karena waktu pengulangan tersebut sudah diuji oleh psikolog di University of California, lho! Setelah mengetahui tips dan trik belajar yang efektif, apakah kamu masih ingin membuang waktu dengan sia-sia?  Tetap tanamkan dalam pikiran bahwa tidak ada hasil yang menghianati usaha!

Baca Juga: 

Big Bad Wolf 2018 Datang Lagi Loh!

Yuk, cari tahu tentang generasi Alfa!

loading...