Penyebab Kaki Kram dan Cara Menanganinya

0
83
Penyebab Kaki Kram
Source : https://google.co.id/

Penyebab Kaki Kram dan Cara Menanganinya – Kram otot sering kali terjadi secara tiba-tiba pada saat melakukan aktivitas fisik seperti berlari. Kram otot merupakan kontraksi atau menegangnya otot dengan kuat secara tiba-tiba. Kram otot dapat berlangsung selama beberapa detik hingga menit dan organ tubuh yang paling sering terkena kram otot adalah kaki. Lalu, apa penyebab kram otot dan cara penanganannya? Berikut penjelasannya.

Penyebab Kaki Kram

Terpapar Suhu Dingin

Kram otot sering terjadi pada saat tubuh terpapar langsung dengan suhu dingin seperti pada saat terkena hujan, mandi air dingin atau berenang. Otot akan langsung berkontraksi kuat secara tiba-tiba jika tiba-tiba terpapar suhu dingin tanpa melakukan peregangan otot atau pemanasan.

Dehidrasi

Penyebab Kaki Kram
Source :
https://google.co.id/

Kurangnya cairan tubuh juga dapat menyebabkan kram otot. Hal ini dikarenakan sedikitnya kandungan air dapat tubuh sehingga membuat otot pada tubuh menjadi kaku dan menyebabkan kram.

Suplai Darah Kurang Memadai

Penyempitan arteri yang mengalirkan darah ke kaki dapat menyebabkan nyeri, misalnya kram otot pada kaki saat melakukan olahraga dan kram ini biasanya hilang secepatnya setelah berhenti atau mengurangi aktivitas fisik.

Tekanan Terhadap Syaraf

Tekanan pada syaraf tulang belakang dapat membuat kaki terasa nyeri kram dan bisa memburuk bila semakin lama kita berjalan. Biasanya nyeri ini dapat meringan dengan cara berjalan sedikit membungkuk kedepan.

Cara Penanganan Kram Otot

Pijatan Ringan

Source :
https://google.co.id/

Apabila mengalami kram otot, pijatan ringan pada bagian otot yang kram dapat sedikit membantu mengurangi nyeri akibat kram. Hal ini dikarenakan otot menjadi sedikit meregang karena pijatan tersebut.

Melakukan Peregangan Otot

Melakukan peregangan otot sebelum beraktivitas fisik atau berolahraga dapat mencegah terjadinya kram otot. Setelah melakukan peregangan otot maka otot akan tetap rileks meskipun tubuh kita beraktivitas.

Minum Banyak Air

Source :
https://google.co.id/

Selain melakukan peregangan otot, mengkonsumsi banyak air juga dapat meminimalisir terjadinya kram otot karena kebutuhan asupan cairan pada otot akan terpenuhi sehingga dapat mencegah terjadinya kram otot pada saat beraktivitas.

Itulah beberapa penyebab dan cara penanganan kram otot. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...