Penyebab suara klakson lemah atau klakson mati

0
172
Penyebab suara klakson lemah

Penyebab suara klakson lemah atau klakson mati – Dalam berkendara sepeda motor tentu dibutuhkan kenyamanan serta keamanan saat berkendara. Untuk menghindari terjadinya kecelakaan tentunya perusahaan sepeda motor sudah memperhitungkan bagian-bagian pada sepeda motor untuk menunjang keamanan saat berkendara seperti rem motor, lampu sein, klakson dan lain sebagainya. Bagian-bagian tersebut merupakan bagian sepeda motor yang cukup vital karena dapat menjaga pengendara terhindar dari kecelakaan. Selain lampu sein yang berguna untuk memberi isyarat pada pengendara lain sebelum berbelok, peran klakson pada sepeda motor juga sangat penting untuk memberi isyarat suara pada pengendara lain saat berada di tikungan tajam.

Namun, terkadang suara klakson pada sepeda motor menjadi melemah bahkan mati total sehingga dapat membahayakan bagi pengendara karena tidak dapat memberi isyarat pada pengendara lain. Lalu, apa Penyebab suara klakson lemah atau klakson mati pada sepeda motor? Berikut penjelasannya.

Baut pengatur klakson kendor

Getaran dari mesin motor secara terus menerus membuat baut plat metal klakson menjadi kendor. Jika baut ini kendor maka suara klakson menjadi lemah bahkan mati. Hal ini dikarenakan antara 2 metal dalam klaksin tidak menghasilkan frekuensi yang tepat karena baut yang kendor.

Metal kontraktor rusak atau kotor

Pemakaian yang sudah lama membuat komponen ini menjadi kotor bahkan rusak. Kontraktor adalah tempat terjadinya hubungan arus listrik (DC). Jika timbul percikan api dari kontraktor pada saat coba menyalakan klakson maka harus segera diperbaiki atau diganti karena apabila tidak segera diperbaiki atau diganti akan menimbulkan kerak dan kerak inilah yang dapat menyebabkan suara klakson menjadi lemah atau tidak berbunyi. Karena arus listrik yang masuk menjadi terhambat oleh kerak.

Induksi pada kawat lilitan klakson lemah

Pada pemakaian yang cukup lama dan jarang dilakukan permbersihan maka akan menyebabkan suara pada klakson melemah karena lilitan yang sudah tua dan lapisan pelapis kawat menjadi terkelupas.

Komponen rusak

Klakson tidak berbunyi juga bisa disebabkan karena kawat lilitan yang terputus, kerusakan pada magnet, plat dan metal kontraktor yang patah. Jika ini terjadi maka klakson harus diganti dan tidak dapat diperbaiki karena bagian dalam klakson yang sudah rusak.

 

Penyebab suara klakson lemah

Itulah beberapa Penyebab suara klakson lemah atau klakson mati. Jika harus melakukan penggantian dengan klakson baru, anda bisa membeli klakson baru pada Baransu secara online atau langsung menghubungi kontak WA dan LINE resmi Baransu. Gunakan klakson berkualitas agar tidak mudah rusak dan lakukan pula perawatan pada motor secara teratur.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.