Hujan Lebat, Awas Bikin Rantai Sepeda Motor Berkarat!

0
86
Rantai Sepeda Motor

Rantai sepeda motor memiliki peran yang sangat penting yaitu sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang. Seiring penggunaan rantai sepeda motor terutama pada datangnya musim hujan, apalagi rantai yang kurang mendapat perawatan secara intensif akan berkarat dengan cepat.

Potensi rantai berkarat di Musim Hujan pasti lebih dominan daripada musim kemarau, hal ini merupakan hal yang wajar. Bila sudah berkarat namun kondisinya masih bagus, berarti rantai tersebut  masih bisa dibersihkan. Berikut Tips menghindari rantai motor agar tetap awet.

Membersihkan Rantai

Bersihkan bagian rantai serta gear motor Brother dengan melepasnya terlebih dahulu. Kemudian cucilah dengan menggunakan bensin. Brother juga bisa memanfaatkan air sabun sebagai pengganti bensin. Simple Bukan?

Baca Juga : Yuk, Explore Tempat Wisata di Bangkalan!

Melumasi Rantai

Tidak cukup hanya membersihkan rantai, Langkah selanjutnya brother masih harus melumasi rantai motor secara berkala. Perhatikan bila brother ingin melumasi rantai menggunakan pelumas. Usahakan menggunakan oli baru agar rantai dan gear bekerja optimal dan tidak mudah aus. Hal ini diperlukan agar rantai dan gir motor menjadi lebih awet.

Baca Juga : Batik Madura? Ya Batik Gentongan!

Set Ulang Rantai

Di musim hujan, pembersihan rantai dan gear motor serta melumasinya dengan oli bisa dibilang belum lengkap. Pasalnya, pada saat musim hujan motor membutuhkan perawatan yang ekstra. Hal ini lantaran air hujan dan kotoran lebih cenderung mempercepat masa pakai Gear dan rantai motor. Brother disarankan untuk melakukan penyetelan rantai.

Penyetelan rantai yang pas akan mempengaruhi kinerja mesin. Lebih dari itu, penyetelan rantai terlalu kencang bisa membuat rantai tersebut cepat renggang, jika terlalu kendor maka yang terjadi adalah Los Gear Brother. Bila sudah begini, Anda harus siap untuk mengganti rantai renggang dengan yang baru.

Baca Juga : BonsTri Punya Kejutan Baru!

Untuk penggantian rantai dan gear motor sangat disarankan untuk menggunakan paket gear berkualitas agar lebih awet dan tidak mudah aus.

Itulah beberapa tips merawat rantai dan gear motor dimusim hujan.

loading...