5 Manfaat Minuman Sarang Burung Walet untuk Tubuh

0
329

Sarang Burung Walet atau dikenal dengan Edible Birdnest sudah lama diolah menjadi makanan dengan harga jual yang fantastis. Akan tetapi dibalik harga tersebut, ada beragam manfaat yang baik untuk tubuh.

Sarang Burung Walet dihasilkan oleh burung walet yang bermukim di Asia Tenggara, salah satunya di Indonesia. Burung walet membuat sarang dari air liur mereka yang secara bertahap mengeras dengan sendirinya. Mereka ini biasanya tinggal di gua, sehingga air liur tersebut berfungsi sebagai perekat sarang ke langit-langit gua agar tidak mudah jatuh.

Namun, Sahabat Inspirasi Pagi bisa menemukan sarang mereka di sudut jalan, atau menempel pada rumah serta bangunan yang tidak terjangkau. Di Indonesia sendiri, burung walet sudah dibudidayakan. Para pembudidaya akan membuat bangunan tinggi untuk mengundang burung walet.

Air liur burung walet berbeda dari air liur burung lain. Air liur burung walet terdiri dari protein, kalsium, zat besi, kalium, serta magnesium. Maka tak heran jika banyak orang beranggapan bahwa sarang burung walet memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Baca Juga : Sajian Rumahan Ala Mamacai Deli Yang Sedap & Menyenangkan Hati

Mengandung Antioksidan Tinggi

Melansir dari Jurnal Letters in Health and Biological Sciences bahwa sarang walet termasuk makanan yang tinggi antioksidannya. Antioksidan sendiri merupakan senyawa aktif yang berfungsi melawan efek radikal bebas.

Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Jurnal Drug Design, Development and Theraphy (2015) mengatakan jika sarang walet berpotensi menurunkan risiko pengentalan darah akibat kolesterol tinggi. Pembekuan darah ini merupakan penyebab paling umum dari penyakit kardiovaskular.

Penelitian tersebut juga menyebutkan jika sarang burung walet memiliki efek mirip dengan simvastatin, obat penurun kolesterol.

Kaya Asam Amino

Air liur burung walet terbuat dari protein yang mengandung berbagai macam asam amino. Asam Amino tersebut termasuk asam aspartat serta prolin yang berfungsi untuk regenerasi sel.

Kemudian sistein dan fenilalanin dapat meningkatkan kerja memori, kerja impuls saraf serta kerja penyerapan vitamin D dari matahari.Tirosin berfungsi mempercepat pemulihan setelah sakit.

Oleh karena beberapa asam amino tidak dapat diproduksi tubuh, sarang burung walet bisa menjadi solusi.

Mencegah Resistensi Insulin

Jika mendengar kata insulin pasti terpikir akan diabetes. Yup! Dengan konsumsi sarang burung walet secara berkala dapat mencegah resistensi insulin seperti penderita diabetes. Resistensi insulin merupakan kondisi di mana terjadi gangguin insulin, hormon yang mengatur kadar gula dalam darah.

Baca Juga: Detoks Tubuh dengan Infused Water

Baik untuk Kulit

Siapa yang tak ingin terlihat segar dan tampak muda? Selain manfaat yang dicantumkan di atas, sarang walet juga baik untuk kulit.  Kandungan pada sarang walet dapat membantu proses regenerasi sel-sel kulit mati, memudarkan flek serta kerutan, dan membuat kulit lebih cerah dan tidak kusam.

Tak heran jika banyak kosmetik yang menjadikan sarang walet sebagai bahan baku utama.

Nah, sudah pada tahu kan manfaat dari minuman Sarang Burung Walet ini? Kalau Sahabat Inspirasi Pagi sudah pernah coba minuman ini, boleh sharing testimoninya di kolom komentar. Belum pernah mencoba? Mungkin ini saatnya kalian coba minuman sehat ini. Tidak perlu repot mencari, Sahabat Inspirasi Pagi bisa order di sini.

loading...