Haruskah Sedap Malam Menjadi Pilihan ?

0
114
sedap malam

Sedap Malam dianggap sebagai bunga asli Indonesia, maka cukup banyak juga yang mencalonkannya sebagai inspirasi Ruma Manis selanjutnya. Bentuknya tak biasa, seperti tube yang layu kebawah di pagi hari. Kebiasaan bunga ini yang unik, hanya mekar dan mengeluarkan aroma wangi di malam hari. Walaupun bunga ini jelas cantik, kita tak boleh semudah itu mendambahkannya dalam daftar inspirasi. Kita harus benar-benar mengenali makna dan histori dari bunga yang cantik ini.

Sedap Malam memiliki makna yang sedikit mistis di Indonesia karena seringkali dikaitkan dengan hal-hal sakral, dari yang romantis hingga yang klenik. Namun di berbagai belahan dunia, bunga ini dikenal sebagai bunga pernikahan. Di Hawaii dan Meksiko, acara pernikahan tak akan lengkap jika tak dihiasi bunga ini. Bunga ini juga sangat di hormati di India karena dijadikan sebagai bagian ritual penyembuhan.

Karena wanginya yang semerbak, orang-orang Iran dan Suku Aztec di zaman kuno gemar sekali mengekstraksinya menjadi parfum. Walaupun begitu, terdapat legenda di Perancis yang meminta semua wanita muda menjauh dari bunga tersebut, karena aromanya dapat mengarahkan mereka tanpa sadar ke tengah permasalahan.

Bunga Sedap Malam sungguh unik karena memiliki makna yang berbeda-beda di seluruh penjuru dunia. Walaupun diakui sebagai bunga penrikahan, bunga ini juga lazim digunakan saat pemakaman. Di Indonesia sendiri, memiliki arti yng mistis dan lekat dengan kematian, walaupun memang kerap digunakan dalam pesta perkawinan sebagai bagian dari ritual.

Jadi jika anda merupakan penggemar Sedap Malam, berhati-hatilah saat membagi bunga ini dengan orang-orang terkasih. Jika anda memberi sebuket bunga Sedap Malam kepada pasangan, maknanya tak akan romantis karena justru itu perlambang matinya hubungan antara kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here