Selamat Hari Badak Sedunia : Kabar Baik atau Buruk?

0
564

Setiap tanggal 22 September selalu diperingati sebagai hari Badak Sedunia, salah satu maskot Asian Games 2018 lalu juga digambarkan oleh Badak bercula satu yang diberi nama Kaka, menjadi simbol dari Kekuatan. Namun ada fakta yang membuat miris, Menurut World Wildlife Fund (WWF) Indonesia, dua spesies badak Nusantara, badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) dan badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) saat ini tengah menghadapi situasi darurat.

Situasi kritis ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tekanan habitat yang cukup masif di Sumatera, bencana alam letusan Gunung Anak Krakatau, penyakit yang ditularkan ternak, dan invasif tanaman langkap.

(Dok : Wartawan greeners)

Habitat badak Sumatera semakin habis. Dari delapan kawasan habitat badak, saat ini hanya tersisa di tiga kawasan konservasi dan lindung. Ironisnya, status kawasan tidak menjamin kehidupan badak bebas dari ancaman. Para Ahli dan praktisi konservasi badak memperkirakan jumlah badak kurang dari 100 dalam lima tahun terakhir.

Baca Juga : Peluang emas investasi perikanan

Keberadaan satwa langka ini sangat terancam oleh perburuan liar, penyempitan lahan dan fragmentasi habitat. Populasi badak terisolasi dan tersebar dalam kawasan dengan jumlah individu yang sangat sedikit.

Kondisi serupa juga terjadi pada populasi badak Jawa. Meski jumlahnya terbilang lebih baik ketimbang badak Sumatera, tapi habitatnya terancam. Kawasan semenanjung Ujung Kulon merupakan zona rawan tsunami karena letusan Gunung Anak Krakatau dan pergeseran lempeng benua.

Baca  Juga : Tips Lolos CPNS 2018

Selain habitat, penyakit juga mempengaruhi populasi badak. Sensus yang dilakukan terhadap ternak masyarakat menunjukkan 90 persen kerbau milik masyarakat positif mengidap bakteri tripanosoma. Aktivitas ternak yang dibiarkan bebas di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon dikhawatirkan bisa menyebarkan penyakit ternak ke badak.

Kondisi itu memaksa seluruh pihak terkait untuk segera mengambil langkah nyata. Yaitu melakukan tindakan penyelamatan yang didasarkan pada suatu dokumen legal berupa Rencana Aksi Darurat (RAD).

loading...