Bagaimana Ciri Orang Pintar dan Sok Pintar?

0
127
sok pintar
Sok pintar atau pintar?-Kecerdasan itu seperti penampilan. Kadang bisa menipu. Maka itu, untuk membedakan mana orang yang benar-benar pintar dan bisa kamu percaya dengan orang yang berlagak pintar, kamu perlu tahu apa saja ciri-ciri orang cerdas.
Tidak susah kok membedakannya. Perhatikan saja beberapa indikator di bawah ini dan kamu akan jadi ahli dalam menilai apakah seseorang memang pintar atau cuma sok pintar saja.
  1. Sering mengumpat

Mengumpat memang bukan kebiasaan yang baik. Tapi ternyata menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Language Science, orang-orang yang lebih sering mengumpat dan menggunakan kata-kata kasar biasanya lebih pintar dari kebanyakan orang loh. Dulu memang ada anggapan bahwa orang yang suka mengumpat itu biasanya kurang berpendidikan, pemalas, dan tak bisa mengendalikan diri. Nah, penelitian ini justru memutarbalikkan teori tersebut. Kalau kamu punya kosakata umpatan yang luas, ini berarti kemampuan verbalmu sangat baik.

Baca juga: Gunakan THR Secara Bijak, Jangan Langsung Libas

  1. Berpikir dengan cepat

Dalam era teknologi modern, kita dituntut untuk bekerja serba cepat. Entah itu membalas e-mail, menyerahkan tugas, dan menelepon balik. Maka orang-orang yang bisa berpikir dan memberi tanggapan dengan cepat akan jauh lebih disukai. Sementara orang yang sok pintar biasanya akan mengulur-ulur waktu dengan berbagai alasan, padahal dia sedang bingung.

  1. Berani mengambil risiko

Orang yang benar-benar pintar justru senang mencari risiko. Walau banyak yang menganggap mereka bodoh, naif, dan nekat, hanya orang pintar lah yang berani ambil risiko berbahaya. Ini karena mereka punya kehausan untuk mendapatkan pengalaman belajar yang memaksa mereka keluar dari zona nyaman. Dengan begitu, mereka bisa memuaskan rasa penasaran mereka dan melatih diri untuk menguasai berbagai keadaan.

Baca juga: Tidak Membalas Email di Hari Libur Itu Baik

  1. Senang main game

Banyak yang menganggap orang yang suka main game itu biasanya malas dan suka menunda-nunda. Tapi bermain game ternyata memberikan banyak manfaat yang baik untuk kemampuan kognitifmu loh. Selain itu, game juga mampu meningkatkan kemampuanmu menalar, memecahkan masalah, dan membaca arah. Lebih baik lagi kalau kamu bisa mengaplikasikannya dengan baik dalam kehidupan nyata.

Tanda-tanda di atas memang tak terduga, tapi itulah yang membedakan orang pintar dengan yang sok pintar. Kamu sendiri masuk kategori yang mana ini?

loading...