Teknik Mengambil Nafas Saat Berlari

0
21
teknik mengambil nafas ketika berlari

Teknik Mengambil Nafas Saat Berlari – Ketika kita berolahraga, teknik pengambilan nafas sangat penting untuk diperhatikan demi menyuplai kebutuhan oksigen dalam tubuh. Banyak yang beranggapan bahwa teknik pengambilan nafas yang baik dilakukan yaitu dengan menarik nafas melalui hidung dan menghembuskan melalui mulut. Namun, sebenarnya pernafasan yang baik adalah dimana udara dapat masuk melalui keduanya (mulut dan hidung). Ketika berlari, banyak otot-otot tubuh yang bekerja keras dan membutuhkan asupan oksigen.

teknik mengambil nafas ketika berlari
Source :
https://google.co.id/

Teknik mengambil nafas yang baik menganjurkan kita untuk menggunakan diafragma atau perut, bukan dengan dada. Karena pernafasan menggunakan dada merupakan pernafasan rendah dan kurang mendukung kebutuhan tingkat asupan oksigen. Sedangkan pernafasan menggunakan diafragma membantumu menarik lebih banyak udara. Berikut cara mengambil nafas saat berlari.

Pastikan Bahu Berada Pada Posisi Santai Tetapi Tidak Membungkuk

Tarik napas melalui mulut, busungkan perut dan di saat yang bersamaan kencangkan dan dorong dengan diafragma. Hal ini akan memberikan paru-paru lebih banyak ruang untuk berkembang dan menarik lebih banyak oksigen. Kita akan merasakan perutmu mengembang, bukan bagian dada.

Buang Napas Secara Perlahan Dan Imbang Melalui Mulut

Kita bisa melatih teknik pernapasan ini dengan berbaring terlentang dan memperhatikan gerakan perut sambil bernapas. Perut akan naik dan turun seiring dengan tiap tarikan napas. Jika hanya dada yang bergerak, tarikan napas masih kurang dalam. Terus berlatih sambil berbaring dan hafalkan teknik ini untuk dipraktikkan ketika berlari.

Itulah teknik mengambil nafas yang baik pada saat berlari. Lakukan dengan benar agar suplai oksigen dalam tubuh lebih maksimal dan juga dapat memaksimalkan performa pada saat berlari. Sebelum melakukan olahraga lari pastikan melakukan peregangan otot agar tidak mengalami kram otot atau cidera pada saat berlari. Kurangi kecepatan atau berjalan ketika merasa kehabisan nafas agar tidak menyebabkan pusing atau pingsan. Merasa santai dan mengendalikan kecepatan biasanya dapat membantu menghilangkan masalah pernafasan ketika berlari. Selamat mencoba.

Baca juga :

loading...