Tips Pilih Busi Motor Agar Performa Prima

0
140
busi motor

Tips Pilih Busi Motor Agar Performa Prima – Setiap pemilik sepeda motor tentu menginginkan performa sepeda motornya selalu prima dan mampu melesat kencang setiap kali dipakai. Namun, performa sepeda motor juga dipengaruhi beberapa faktor dan salah satu komponen yang mempengaruhi performa yaitu penggunaan busi.

Pada mesin sepeda motor untuk penggunaan balap membutuhkan tipe busi yang dingin untuk menstabilkan panas dari mesin. Dengan penggunaan busi yang tepat, maka mesin akan dengan sempurna saat mengoperasikan gerakan piston dan mengurangi panas berlebih pada komponen tersebut.

Busi tipe dingin memiliki tiga side electode yang mampu memberikan titik api yang lebih fokus. Hal itu berbeda dengan busi yang hanya menggunakan satu side electrode karena titik api yang terkadang meloncat atau tidak tepat. Dengan begitu pembakaran bahan bakar dalam mesin menjadi kurang sempurna sehingga membuat performa sepeda motor menjadi kurang prima.

Selain itu, untuk penggunaan harian pemilihan busi yang tepat bagi mesin sepeda motor juga harus diperhatikan. Mengingat seringnya penggunaan sepeda motor dalam sehari. Pilihlah busi sepeda motor yang sesuai dengan spesifikasi mesin serta penggunaan sepeda motor.

Selain busi sepeda motor, pemilihan bahan bakar yang tepat juga akan berpengaruh pada pembakaran bahan bakar dalam mesin karena nilai oktan atau daya bakar dari bahan bakar yang beragam. Terkadang bahan bakar dengan nilai oktan rendah dapat menyebabkan piston dan busi menjadi gosong sehingga dapat menghambat munculnya titik api dari busi pada saat sepeda motor digunakan.

Penggunaan spareparts motor yang tepat juga berpengaruh pada performa sepeda motor terutama pada komponen dalam mesin sepeda motor mengingat mesin sepeda motor yang menjadi penggerak roda yang paling utama.

Itulah sedikit tips pilih busi motor yang tepat agar performa sepeda motor tetap prima.

Baca Juga Artikel Inspiratif Lainnya :

loading...