Tradisi Merayakan Tahun Baru Imlek

0
118
tradisi tahun baru imlek

“Imlek” sebenarnya bukanlah nama dari perayaan tahun baru Tiongkok. Melainkan, kata ini diambil dari bahasa Hokkien. Malah, kata ini hanya diketahui oleh orang-orang Indonesia. Di Tiongkok, orang-orang menamai tahun baru Tiongkok dengan “Guo Nian” atau “Xin Jia” yang berarti bulan baru. Biasanya, perayaan tahun baru Imlek dirayakan dengan kumpul dengan keluarga besar tepat setelah sembahyang di klenteng.

Makan malam bersama saat perayaan tahun baru Imlek ini biasanya dilakukan tepat semalam sebelum tahun baru, ataupun juga bisa pada malam tahun baru. Bahkan, mereka rela menempuh jarak yang sangat jauh untuk berkunjung makan malam bersama dengan anggota keluarga lainnya. Mereka biasanya makan bersama di sebuah meja bundar. Terletak sebuah piringan berputar di tengahnya. Lalu, anggota keluarga tertua, seperti kakek dan nenek akan dipersilahkan mengambil makanan terlebih dahulu.  Tiap-tiap makanan yang disajikan memiliki makna masing-masing. Makanan-makanan ini dipercaya akan membawa hoki, kemakmuran, dan kesuksesan. Misalnya, saat Imlek, makanan yang dihindari adalah bubur karena melambangkan kesusahan dan kemelaratan.

Tak hanya itu, terdapat tradisi minum teh. Tradisi ini dilakukan oleh anak-anaknya dengan memberikan sulangan secangkir teh pada orang tua dahulu. Tradisi ini merupakan simbol meminta maaf apabila ada kesalahan-kesalahan yang diperbuat.

Selain itu, orang Tionghoa juga memercayai bahwa setiap angka memiliki arti tersendiri dan akan membawa keuntungan.  Pada saat Imlek, mereka akan menggunakan angka bagus seperti “5” yang mengandung elemen-elemen penting seperti emas, kayu, tanah, air dan api. Lalu, angka “8” dipercaya bagus karena melambangkan “tidak terhingga”, seperti kemakmuran yang tak akan habis. Selain itu, angka “9” juga dianggap sebagai angka tertinggi. Mereka akan menghindari angka 3 ataupun 4.

Yang terakhir, tak lupa dengan tradisi warna merah. Imlek tak jauh dari baju tradisional berwarna merah yang biasa dikenal dengan nama cheongsam, serta angpao merah. Warna merah dipercayai membawa kebahagiaan, kemakmuran, serta hal-hal positif lainnya. Angpao berasal dari kata “Hong Pao” yang berarti kantung merah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here