4 Film Syuting di Banyuwangi, Pemandangannya Bagus!

0
112

Banyuwangi memang terkenal dari pesona wisatanya seperti Kawah Ijen, pasar Blambangan, dan Taman Nasional Baluran Situbondo hingga budayanya. Karena pesona dari tempat-tempat tersebut, ada beberapa film yang telah mengambil gambar di sana. Inilah 4 film syuting di Banyuwangi karena pemandangannya bagus!

 

1.King

4 Film Syuting di Banyuwangi, Pemandangannya Bagus!
Alenia Pictures

Film yang paling awal mengambil latar belakang Banyuwangi adalah film “King”. Film ini dirilis di tahun 2009 oleh Alenia Pictures dan telah menyabet “Tata Musik Terbaik” di Piala Citra FFI 2009. Film ini berkisah tentang seorang anak bernama Guntur yang sangat menjadikan pemain bulutangkis legendaris sebagai panutannya. Sang legenda bulutangkis tersebut adalah Liem Swie King, yang namanya meroket di era 70an hingga 80an.

4 Film Syuting di Banyuwangi, Pemandangannya Bagus!
Adegan di Kawah Ijen dalam film. Sumber : Alenia Pictures

Tampak Kawah Ijen saat Guntur dan teman-temannya sedang berjalan-jalan. Sahabat Pagi bisa melihat pemandangan Kawah Ijen yang megah, berwarna hijau toska dengan dinding-dinding kaldera berwarna abu-abu.

Kawah Ijen ini terletak sepanjang tiga kota di Jawa Timur; yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Situbondo. Jika Sahabat Pagi ingin melihat warna hijau kebiruan yang cantik dari Kawah Ijen, datanglah pada pukul 5 hingga 6 pagi. Dijamin bagus, deh!

 

2. Supernova: Ksatria, Putri, & Bintang Jatuh

4 Film Syuting di Banyuwangi, Pemandangannya Bagus!

Diadaptasi dari buku edisi pertama seri Supernova karya Dewi Lestari, yakni Supernova : Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh. Film ini dirilis pada tahun 2014 dengan judul serupa, oleh Soraya Intercine Film. Film ini berkisah tentang dua mahasiswa Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat, Reuben (Arifin Putra) dan Dimas (Hamish Daud) yang sedang menjalin hubungan romansa dan membuat sebuah cerita adalah Rana (Raline Shah) yang telah bersuami dengan Ferre (Herjunot Ali).

4 Film Syuting di Banyuwangi, Pemandangannya Bagus!
Adegan dalam Supernova.

Baluran tampak dalam film ini saat sang suami dari Rana, Arwin – sedang berburu. Ia tampak memegang senapan sambil menaiki jeep di Savana Bekol, Baluran. Baluran telah mendapat julukan Afrika van Java karena memiliki vibe mirip padang rumput Afrika.

 

Baca juga : 6 Tempat yang Harus Dikunjungi di Banyuwangi

 

3. Kulari Ke Pantai

4 Film Syuting di Banyuwangi, Pemandangannya Bagus!

Setelah sang duo legendaris film Riri Reza dan Mira Lesmana berkali-kali riset ke Banyuwangi dan mencari-cari lokasi film yang pas, akhirnya Banyuwangi menjadi pilihan lokasi untuk film keluarga bertajuk Kulari ke Pantai. Film ini dirilis 28 Juni tahun ini oleh Miles Films. Film ini mengisahkan tentang hubungan dua sepupu, Sam (Maisa Kanna) dan Happy (Lil’li Latisha) yang bersitegang karena perbedaan mereka : Sam, yang tumbuh di Rote, nusa Tenggara Timur dan begitu mencintai alam, hobi selancar; sedangkan Happy yang tumbuh di ibukota dan keranjingan media sosial. Sang ibunda mencoba mengakurkan Happy dan Sam agar dapat berlibur ke timur Pulau Jawa. Disinilah, petualangan perjalanan mereka dimulai.

 

Tempat wisata yang terlihat di sini adalah Taman Nasional Baluran, pasar tradisional Blambangan, dan pantai G-Land dengan ombak tertinggi di dunia dimana Sam ingin bertemu dengan peselancar idolanya.

 

Baca juga :

 

4. Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea

4 Film Syuting di Banyuwangi, Pemandangannya Bagus!

Film yang diadaptasi dari novel karya Asma Nadia, Jilbab Traveler : Love Sparks in Korea pada tanggal 27 Juni 2016 oleh Rapi Films. Film ini berkisah tentang Rania, sang pelajar rantau (Bunga Citra Lestari) yang diberi amanah oleh Ayahnya yang sakit untuk mengunjungi Baluran; dan di situlah ia bertemu pria Korea bernama Hyun Gen (Morgan Oey).

4 Film Syuting di Banyuwangi, Pemandangannya Bagus!
Adegan di Baluran. Sumber : detik

Tak hanya mengambil lokasi di Korea Selatan, mereka juga mengambil lokasi di Kawah Ijen dan Baluran.

 

Nah, dari keempat film tersebut, apakah Sahabat Pagi sudah menontonnya? Sudahkah kalian mengunjungi Kawah Ijen, Baluran, ataupun pasar tradisional Blambangan? Kalau belum, tempat-tempat ini bisa Sahabat masukkan ke travel list kalian, nih!

 

 

loading...