Gajah Oling, si Motif Batik Tertua di Banyuwangi

0
557

Saat belanja Batik di Banyuwangi, pasti hal pertama yang Sahabat Pagi temukan adalah batik berbentuk tanda tanya dan para penjual pasti akan merekomendasikan motif tersebut untuk dibeli seraya bilang, “ini motif Gajah Oling”. Sering, kan? Nah, Gajah Oling memang merupakan motif batik yang paling terkenal di Banyuwangi. Namun, apakah itu Gajah Oling? Yuk berkenalan dengan si motif batik tertua di Banyuwangi ini!

 

Baca juga : Sejarah Terciptanya Batik Banyuwangi

 

Gajah Oling sudah merupakan ciri khas batik asal Banyuwangi. Motif ini merupakan motif batik tertua di Banyuwangi diantara duapuluh dua motif batik khas Banyuwangi. Motif ini berbentuk seperti tanda tanya “?”, dan menyerupai belalai gajah. Di sisi lain, banyak orang menglaim bahwa motif Gajah Oling ini menyerupai seekor “uling”, bahasa Jawa dari ikan belut.

Gajah Oling, si Motif Batik Tertua di Banyuwangi
sumber : innagroup.co.id

Gajah Oling ini merupakan sebuah simbol dari sifat heroik masyarakat Blambangan agar tidak terjajah oleh Mataram ataupun Bali. Inilah mengapa Gajah Oling merupakan batik Banyuwangi yang tidak memiliki sedikit pengaruh apapun dari batik Yogyakarta, Solo, ataupun Bali.

 

Baca juga : Ragam Motif Batik Banyuwangi  

 

Selain itu, Azhar Prasetyo dalam bukunya Batik Banyuwangi (2007) menyatakan bahwa pemaknaan Gajah Oling juga terkait dengan karakter masyarakat Banyuwangi yang sangat religius. Inilah sebabnya arti Gajah Oling dari kata “Gajah” atau hewan yang melambangkan “kebesaran dari yang Sang Pencipta”, sedangkan “Uling” atau “Eling”, bahasa Jawa dari kata “Ingat”. Jika digabung, berarti “ingat yang Maha Besar”. Mengingat Sang Pencipta merupakan dasar hidup dari masyarakat Banyuwangi.

 

Gajah Oling, si Motif Batik Tertua di Banyuwangi

Di sisi lain, budayawan asal Banyuwangi, Aekanu Hariyono, memaparkan bahwa Gajah Oling merupakan simbol dari perputaran hidup manusia dalam Cokro Manggilingan; sebuah filosofi Jawa akan keyakinan bahwa roda kehidupan terus berputar namun kekuasaan kita pun masih terbatas dan menyerupai senjata raja Dwarawati dalam dunia pewayangan.

Baca juga : Nikmati Pesona Banyuwangi di Banyuwangi Batik Festival

Gajah Oling, yang merupakan motif Batik populer di Banyuwangi; tak hanya populer dalam kalangan fashion tapi menyimpan makna yang sangat dalam dan filosofis. Begitu kaya warisan budaya kita, bukan?

 

loading...