Makan Gratis di Restoran Mirai Shokudo

0
61

Restoran Mirai Shokudo yang berada di Jimbocho, Tokyo merupakan restoran yang memiliki konsep unik dibanding dengan restoran lain di Jepang. Restoran ini menyuguhkan set menu khusus yang dibuat dengan menggunakan bahan makanan sesuai keinginan pembeli. Omotenashi adalah cara yang diusung oleh sang pemilik, Sekai Kobayashi. Omotenashi sendiri memiliki arti “semangat melayani sepenuh hati” yang menjadi prinsip warga Jepang.

Tak hanya bisa menentukan sendiri bahan makanan yang ingin pembeli makan, tentunya dengan mendiskusikan terlebih dahulu kepada chef. Tetapi Sahabat Inspirasi Pagi bisa makan gratis di restoran ini. Bagaimana bisa ya? Padahal kita tahu sendiri bagaimana harga makanan di Tokyo yang bisa jadi cepat menguras kantong.

Usung Konsep Open-Source

Dengan mengusung konsep open-source, yakni tidak ada pegawai permanen yang bekerja di dalam restoran Mirai Shokudo. Anda bisa membeli makanan atau menebus dengan bekerja sekitar 50 menit bekerja di shif siang atau malam untuk mendapatkan makanan secara gratis.

Sahabat Inspirasi Pagi bisa memilih tugas yang sudah ditentukan oleh Pemilik. Tugas itu adalah menyajikan makanan, membersihkan meja atau lainnya. Anda tak perlu khawatir dengan berat pekerjaan karena restoran ini hanya menyediakan 12 kursi saja. Sistem makan gratis ini disebut Makanai. Para pekerja yang mengikuti sistem makanai pun beragam, mulai dari anak kuliahan, chef amatir atau mereka yang penasaran bekerja di dunia industri hospitality.

Menggunakan Seragam

Saat bekerja di restoran ini Anda diwajibkan seragam yang disediakan, lengkap dengan bandana khas chef Jepang, hachimaki. Anda lagi-lagi tak perlu khawatir saat bekerja di restoran ini karena banyak pekerjanya dapat berbahasa Inggris dengan lancar.

Sebelum mencoba makan gratis, Anda wajib makan dulu minimal sekali di restoran Mirai Shokudo ini. Hal ini dimaksudkan agar mengenal ruangan restoran. Enggak lucu kan kalau ingin kerja tapi tidak tahu menahu soal tempat kerjanya.

Tamedashi

Namun, jika Anda tak ada waktu serta uang, Anda dapat menggunakan kupon tamedashi yang tertempel di dinding dekat pintu masuk. Kupon ini bisa digunakan oleh siapa saja dan hanya untuk satu orang saja. Kupon tamedashi ini merupakan kupon seporsi makanan dari sistem makanai yang tidak digunakan oleh pemiliknya. Biasanya mereka yang tidak mengambil jatah dari makanai hanya ingin mendapat pengalaman bekerja di restoran Jepang atau sekadar penasaran untuk mengetahui suasana bekerja di restoran Jepang.

Baca Juga: Berkunjung Ke Masjid Jepang, Langkah Menelusuri Islam di Negeri Sakura

Sang Pemilik, Sekai Kobayashi sudah membuka restoran ini semenjak 2015. Tujuannya untuk menciptakan suasana nyaman bagi semua orang. Sebelumnya Kobayashi sudah berpengalaman mengelola beberapa kafe pop-up serta menjadi Insinyur setelah lulus dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Tokyo Institute of Technology.

Kobayashi juga pernah bekerja di Cookpad Inc yang mengelola situs resep. Perusahaan tersebut memiliki dapur kantor dimana semua pegawainya dapat memasak, makan dan berbagi resep masakan.

Awalnya Kobayashi sering membuat menu makan siang rekan kerjanya dan mereka suka. Hal itu menguatkannya untuk segera membuka restoran sendiri.Kemudian belajar di jaringan restoran ternama serta tempat lain sebelum membuka Mirai Shokudo. Ia juga merelakan pekerjaannya sebagai Insinyur.

Selain itu, Kobayashi menggunggah rencana bisnis serta keuangan restoran di situs resmi Mirai Shokudo sehingga semua orang bisa melihatnya secara transparan. Ia juga mengumpulkan masukan dari masyarakat mengenai bagaimana meningkatkan kualitas restoran.

Nah, jika ada banyak waktu luang di Tokyo, sempatkan mampir dan mencoba pengalaman bekerja dan dapat makanan gratis di restoran Mirai Shokudo ini ya.

loading...