Tak Perlu Bingung, Ini Dia Makanan Halal di Korea Selatan

0
487
makanan halal korea selatan

Ketika bepergian ke luar negeri, selain sibuk menyiapkan dokumen, serta merencanakan tempat-tempat yang harus dikunjungi, tentu saja Anda akan disibukkan dengan daftar bawaan. Salah satu contoh barang bawaan yang dibawa adalah makanan instan. Hal itu dikarenakan, di negara yang Anda kunjungi susah mencari makanan yang sesuai dengan lidah Anda. Apalagi jika Anda seorang muslim, berkunjung ke negara dengan mayoritas non muslim, pastinya akan susah untuk mendapatkan makanan halal.

Salah satu contohnya adalah negara Korea Selatan yang penduduk muslim merupakan minoritas, sehingga makanan halal menjadi cukup langka untuk ditemukan. Hal ini terkadang menjadi masalah utama bagi wisatawan muslim yang ingin berkunjung ke negara Korea. Tapi jangan khawatir, ternyata ada kok beberapa makanan Korea yang ramah muslim (halal/tidak mengandung babi/seafood). Berikut inspirasi makanan halal korea selatan bagi kalian yang ingin berwisata ke korea selatan :

1. Bibimbap
Tentunya Anda tidak bisa melewatkan untuk mencoba makanan khas dari Korea langsung di negaranya sendiri. Bibimbap adalah salah satu makanan khas dari Korea yang berupa semangkuk nasi putih dengan lauk berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus gochujang di atasnya. Sesuai dengan namanya, makanan ini dinikmati dengan dicampur terlebih dahulu. Sayuran yang digunakan untuk menu ini juga beragam, mulai dari jamur, timun, hingga wortel.

2. Doenjang Jjigae
Doenjang jjigae merupakan makanan berkuah dengan bahan yang berbeda-beda menurut musim. Ketika musim panas, doenjang jjigae biasanya disajikan dengan tambahan jamur. Sedangkan pada musim dingin, ditambahkan dengan daun lobak. Bahan-bahan lain yang selalu ada dalam doenjang jjigae adalah tentunya saus doenjang, potongan cabai, timun dan tahu yang direbus dan paling enak disajikan ketika panas.

3. Jjampong
Makanan dengan bahan mie yang diolah dengan seafood seperti cumi dan udang ini disajikan dengan kuah yang pedas dan banyak rempah-rempah. Tentu saja makanan jjampong ini adalah makanan halal korea selatan karena bahan-bahannya tidak ada yang mengandung babi, tetapi menggunakan makanan laut.

4. Tteokbokki
Jika Anda penggemar Korea, tentunya Anda tahu makanan khas Korea satu ini. Tteokbokki, yang biasa dikenal dengan kue beras ini dimasak dengan bumbu gochujang sehingga mempunyai rasa pedas dan manis. Dalam satu piring sajian tteokbokki, biasanya ditambahkan dengan kue ikan (fishcake), telur rebus, dan daun bawang. Jajanan yang satu ini mudah didapatkan karena biasanya tersedia di pinggir-pinggir jalan dan merupakan salah satu makanan favorit di Korea.

5. Sangseon Gui/Grilled Mackerel Fish
Sangseon Gui adalah makanan khas Korea dengan bahan dasar ikan makerel yang dipanggang. Tetapi, ternyata sesungguhnya cara memasak makanan ini tidak dipanggang melainkan digoreng. Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan segar langsung hasil dari tangkapan nelayan yang didistribusikan di pasar.

6. Andong Jjimdak/Andong Style Braised Chicken
Andong Jjimdak merupakan makanan yang terbuat dari daging ayam dengan rasa pedas. Walaupun ini merupakan makanan khas di daerah Andong, Anda bisa menikmatinya di seluruh Korea, karena ada banyak restoran yang khusus menghidangkan Andong jjimdak saja.

Nah, itu tadi adalah beberapa pilihan makanan ramah muslim yang bisa Anda nikmati. Pada intinya, ketika berlibur di Korea, pilihlah saja makanan yang berbahan dasar daging sapi, ayam, sayuran, dan seafood. Atau akan lebih mudahnya jika Anda bergabung dengan travel agensi yang menyediakan guide muslim. Sehingga Anda akan dipandu ke tempat-tempat yang menyajikan makanan ramah muslim. Jadi, liburan Anda pun terasa nyaman karena tidak perlu khawatir lagi dengan pilihan menu makanan.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.