Indahnya Pohon Tabebuya Jadikan Kota Surabaya Serasa Di Jepang

0
613
Foto diambil dari Instagram @lovesuroboyo

Bulan November merupakan bulan yang special bagi Kota Surabaya. Bukan hanya kerena adanya perayaan Hari Pahlawan di tanggal 10 November, tetapi Bulan November merupakan bulan dimana Pohon Tabebuya bermekaran. Pasti kalian sudah tahu kan apa Pohon Tabebuya itu?

Kira-kira sepuluh tahun yang lalu, Bu Risma, walikota Surabaya in menanam Pohon Tabebuya di sekitar jalanan besar di Kota Surabaya. Memang, walikota Surabaya yang satu ini sangat semangat dalam menghijaukan Surabaya. Kota yang terkenal suhunya yang panas kini makin hijau dan nyaman ditinggali.

Pohon yang mirip dengan pohon Sakura dari Negara Jepang ini siapa sangka ternyata pohon dari Brazil. Dengan nama Latin Tabebuya Chrysotrica, pohon ini cocok ditanam di kawasan beriklim tropis seperti Indonesia. Pohon cantik ini biasanya mekar tiga kali dalam setahun, yaitu pada Bulan Mei, September, dan November. Siapa sangka bibit Pohon Tabebuya ini dulunya didatangkan dari Malang dan Kediri. Setelah itu, pohon ini juga dibudidayakan d Surabaya oleh petani di Kebun Bibit Surabaya.

Dari masa mekarnya, sekitar semingguan bunga-bunga dari Pohon Tabebuya akan gugur. Ada beberapa warna bunga yang akan kalian temukan, yaitu pink, kuning, serta putih.

Untuk menikmati keindahan layaknya musim semi di Jepang, kini kalian nggak perlu jauh-jauh karena bunga dari pohon cantik ini membuat kalian serasa di Jepang. Kunjungi saja di sekitar jalan protokol Surabaya seperti Jalan Ahmad Yani, Jalan Raya Darmo, dan Jalan Raya Gubeng. Nah, ini adalah masa yang tepat buat kalian yang ingin foto ala liburan musim semi di Jepang.

Keberadaan Pohon Tabebuya di Kota Surabaya tidak hanya menambah keasrian kota, namun juga makin memperindah jalanan Kota Surabaya. Plus, warga Surabaya jadi ada tempat baru untuk berfoto-foto mengabadikan momen dengan indahnya pohon yang ditanam Bu Risma ini.

Banyak yang bilang, musim hujan di Kota Surabaya kali ini semakin romatis dengan adanya gugurnya bunga-bunga dari Pohon Tabebuya ini. Menariknya, masih ada rencana untuk menanam Pohon ‘Sakura’ ala Negri Samba di banyak ruang terbuka di Kota Surabaya. Bisa dibayangkan kan, gimana indahnya Kota Surabaya kalau bunga-bunga di pohon tersebut sedang bermekaran secara serentak?!

 

Yuk, nikmati indahnya musim semi Kota Surabaya sebelum momennya terlewat.

loading...