Tips untuk Berpergian ke Jepang

0
74

Berencana pergi ke Jepang bulan ini atau hingga bulan April nanti memang tepat karena kalian akan melihat indahnya bunga Sakura bermekaran di segala penjuru Jepang. Kalau kamu bingung untuk melakukan hal-hal yang benar-benar “Jepang banget” dan kamu kebetulan tinggal di Akihabara, kamu bisa cek di sini. Namun, kamu sudah tahu tips untuk berpergian ke Jepang? Yah, misalnya tips untuk berhemat, WiFi.. sudah tahu? Nah, simak beberapa tips untuk stay di Jepang tanpa perlu berpusing ria!

Don Quijote store, toko serba-ada di Akihabara, Tokyo

1. Beli Japan Rail Pass kalau kamu ingin berkeliling di luar Tokyo

Kamu bisa mendapatkan Japan Rail (JR) Pass sekitar $250 dan kamu bisa berkeliling seluruh penjuru Jepang hingga tujuh hari, dan kamu juga bisa menikmati kereta tercepat di dunia, Shinkansen, di segala penjuru Jepang!

Perlu kamu ingat, kira-kira harga tiket kereta di Tokyo adalah sekitar $2-an. Kamu bisa mendapatkannya di mesin tiket elektronik dan nggak perlu khawatir kalau kamu nggak bisa bahasa Jepang, bahasa pengantarnya adalah bahasa Inggris, kok.

2. Selalu bawa uang tunai kemana-mana

Jepang benar-benar masih menerapkan uang tunai dimana-mana. Jangan harap kamu bisa menggesekkan kartu kredit, biasanya mereka tidak punya alatnya. Kalau mereka memiliki alatnya, mereka akan memasang tanda di luar toko. Kalau kamu kehabisan uang tunai, kamu bisa mengambil uang di ATM di convenience store maupun kantor pos.

Oh ya, mereka juga sering butuh koin juga, loh. Jadi, kalau kamu punya dompet khusus uang koin, bawa saja saat perjalananmu ke Jepang – sangat berguna, loh!

Tokyo Skytree. Sumber : Japan-Guide.com

3. Convenience store bisa jadi penyelamat kamu setiap saat

Tak hanya snack dan sebagainya, kamu bisa menemukan makan-makanan murah kalau kamu ingin berhemat, ATM yang mudah digunakan, pelayan yang akan membantumu memanaskan makanan, dan sebagainya.

 

4. Frasa paling berguna : eigo o hanashimasu ka? 

Sangat disarankan untuk belajar bahasa Jepang sebelum tinggal di Jepang. Atau, bisa saja kamu mengetahui satu frasa yang sangat berguna, yakni “eigo o hanashimasu ka?” yang berarti “apakah kamu mampu berbahasa Inggris?”. Well, mungkin orang Jepang yang sebenarnya bisa berbahasa Inggris dan rendah hati akan menjawab “iie” yang berarti “tidak”, dan jangan tertipu karena itu. Kalau mereka bisa, mereka mungkin akan menjawab “just a little” ataupun “not well“.

Kamu bisa menemukan orang-orang yang mampu berbahasa Inggris biasanya di stasiun, bandara, ataupun tempat-tempat wisata yang terkenal.

 

5. Ini yang harus kamu ketahui tentang WiFi dan koneksi internet di Jepang

Saat kamu tiba di Jepang, ada baiknya untuk membeli eConnect hotspot di kantor pos bandara dan kamu langsung mendapatkan paket data di ponsel kamu. Dengan begini, kamu akan dengan mudah mengecek Google map kapan saja. Tak hanya itu, kamu bisa membuka Google Translate kapan saja maupun jisho.org , sebuah situs yang memudahkan kamu untuk membaca kanji dengan kamus mereka.

 

 

Selain itu, kalau kamu ingin streaming melalui Crunchyroll, Funimation ataupun Hulu untuk melihat anime, sayang sekali, kamu nggak bisa membuka situs-situs tersebut. Semua situs-situs tersebut tidak memiliki ijin untuk menayangkan acara secara online di Jepang. Maka dari itu, kamu perlu Virtual Private Network (VPN)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here