Fitur Baru WhatsApp Beserta Fungsinya

0
88
whatsapp

Di tengah persaingan aplikasi messenger yang makin ketat, WhatsApp bisa dikatakan sukses menjadi aplikasi pesan populer di dunia selama beberapa tahun terakhir. Sekarang ini pengguna WhatsApp mencapai 1,5 miliar, lebih tinggi dibanding Facebook messenger dan juga WeChat yang baru mencapai 1 miliar pengguna.

Nyatanya, WA tak hanya berkembang dari segi pengguna saja, tapi juga terus berinovasi terkait fitur-fiturnya. Sekarang setidaknya ada lima fitur baru yang sedang dipersiapkan WA, semoga nantinya bisa tersedia untuk seluruh pengguna ya. Simak yuk apa aja fitur-fiturnya.

Baca juga: Gampang Banget, Tips Memulai Gaya Hidup Sehat

Dark Mode

Kalau kamu menggunakan WhatsApp di malam hari, tentu akan lebih mudah jika platform tersebut menerapkan ‘mode gelap’ atau dark mode. Nah, laman WABetaInfo memberikan klarifikasi bahwa, fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan dan dapat segera hadir untuk semua pengguna WA. Keuntungan fitur mode gelap ini adalah membuat baterai smartphone hemat daya.

Ranking contacts

WhatsApp sangat memungkinkanmu untuk tersesat dalam lautan percakapan, tapi dengan adanya fitur baru ini justru akan membantumu menjaga orang-orang favorit untuk mengobrol di bagian atas aplikasi. Seharusnya fitur ini bisa membantu orang untuk menghindari pesan yang hilang. ‘Ranking contacts’ akan bekerja secara otomatis dan akan memberi peringkat pada kontak berdasarkan frekuensi interaksi yang pengguna miliki dengan orang tersebut.

Baca juga: Kota Terbaik di Dunia Menurut Travel and Leisure

Qr Code

Setelah ini akan ada cara baru yang memudahkan pengguna WhatsApp menambahkan kontak baru, yaitu dengan memanfaatkan QR code. Nah, nantinya setiap pengguna akan punya QR code masing-masing. Jadi, kamu bisa menambahkan seseorang ke kontak WA dengan memindai QR code menggunakan kamera ponsel.

Sharing whatsApp status on Facebook and Instagram

Kalau WhatsApp Status pasti sudah sering kamu gunakan kan? Sebuah fitur yang berguna untuk berbagi foto, video dan GIF animasi yang akan terhapus setelah 24 jam. Inovasi terbarunya, nanti unggahan WhatsApp Status ini bisa dibagikan ke lebih banyak layanan, di antaranya yaitu Facebook dan Instagram. Meski begitu, pihak WhatsApp memastikan kalau tak akan ada transfer data yang terjadi.

Fingerprint authentication

WhatsApp ternyata sudah meluncurkan fitur otentikasi sidik jari untuk iOS lho, dan sekarang sedang menguji fitur yang sama untuk Android. Selain itu, perusahaan yang ‘satu atap’ dengan Facebook ini juga sedang menguji fitur lain yang akan memblokir pengguna dari mengambil screenshot obrolan ketika otentikasi sidik jari aktif. Artinya, jika pengguna mengaktifkan fitur otentikasi sidik jari, maka kamu tidak akan bisa mengambil tangkapan layar di aplikasi.

Baca juga: Fujifilm Hadirkan Instax Mini LiPlay yang Bisa Menambahkan Suara

Jadi, sudah siap dengan lima fitur baru di atas Bela? Mana nih yang paling kamu tunggu? Atau kamu ada usul fitur lain yang akan lebih berguna? Apapun itu, semoga penggunanya juga semakin bijak ya!

loading...