Observasi Gerakan Mata dan Cara Membacanya

0
467

Mata manusia adalah salah satu indera yang sangat vital. Selain berfungsi untuk melihat, gerakan mata manusia diam-diam bisa mengatakan segalanya. Ada sebuah pepatah yang menyatakan, mata manusia adalah jendela dari jiwanya. Waduh, maksudnya bagaimana sih?

Mata bisa melukiskan banyak hal. Mulai dari suasana hati, pikiran, dan emosi yang dirasakan oleh seorang individu. Inilah alasan mengapa mata manusia memegang peran penting dalam hal interaksi antar individu.

Mata juga bisa mengatakan kondisi dimana seseorang sedang berbohong. Hal yang paling sering kita dengar adalah mendeteksi kebohongan melalui pembesaran pupil mata. Dikatakan juga bahwa saat bibir bisa memanipulasi perasaan, pupil mata akan tetap menyatakan emosi nyata dan sebenar-benarnya.

Selain pembesaran pupil, gerak-gerik mata nyatanya juga bisa berbicara. Mereka bisa membantu kita memahami lebih jauh tentang apa yang sedang dirasakan oleh individu. Berdasarkan Neuro Linguistic Programming (NLP), hal ini disebut dengan eye accessing cues. Berikut beberapa gerakan mata natural dasar yang bisa untuk dijadikan bahan observasi dan pembelajaran.

Pojok kiri atas – memori visual

Jika individu melihat ke bagian pojok kiri atas matanya saat sedang bercerita, artinya dia sedang memanggil ingatan yang berasal dari kejadian masa lampau. Individu tersebut berusaha mengingat sesuatu dengan mengakses memori visual yang ada di otak.

Baca Juga: Skala Prioritas Pribadi Produktif dengan Metode Eisenhower

Pojok kanan atas – konstruksi visual

Saat individu membuat gerakan mata ini, bisa jadi ia sedang mengatakan kebohongan. Kenapa? Karena gerakan mata ini mengartikan bahwa orang tersebut sedang menciptakan, merekayasa, dan mengontruksi gambaran dalam pikirannya. Individu tersebut menciptakan gambaran baru karena tidak mengalami kejadian yang sedang diceritakan.

Samping kiri – memori suara

Berusaha mengulang kembali suatu percakapan dalam adegan film, atau mungkin sesederhana mengingat humor yang diceritakan oleh teman. Kegiatan tersebut bisa memancing gerakan mata ke samping kiri akan terjadi. Saat melakukan gerakan mata ke samping kiri, adalah tanda bahwa individu tersebut sedang mengingat suara dari ingatan lamanya.

Samping kanan – konstruksi suara

Sama dengan gerakan mata ke pojok kanan atas yang berarti merekayasa suatu gambaran kejadian. Maka gerakan mata ke samping kanan adalah rekayasa akan suara. Tidak melulu menguji kebohongan, hal ini bisa dijadikan observasi sederhana loh. Contohnya saja Sahabat Pagi tiru adegan percakapan karakter Harry Potter tapi memakai suara si Luffy dari anime One Piece. Dijamin mata Sahabat Pagi akan bergerak ke samping kanan secara otomatis.

Lurus ke depan

Pernah mengalami percakapan dimana lawan bicara memandang tepat lurus ke depan? Saat gerakan mata individu melihat lurus ke depan, diriingi dengan pupil yang melebar dan tidak fokus, artinya individu tersebut sedang sibuk. Sibuk mengakses informasi sensorik secepat mungkin. Informasi sensorik adalah hal-hal yang didapatkan otak dari lima indera dasar yang dimiliki oleh manusia.

Di akhir cerita, mari sama-sama mengetahui fakta menarik, jika gerakan mata di atas hanya berlaku untuk individu pengguna tangan kanan ya. Cara eye accessing cues yang digunakan untuk mengobservasi orang kidal adalah menggunakan efek cermin alias berkebalikan. Harus diperhatikan arahnya dengan benar nih agar tidak salah tafsir, Sahabat Pagi.

loading...