Kenali 6 Jenis Cat yang Tepat Untuk Hunian!

0
172

Atap adalah salah satu bagian penting dari hunian. Sebagai pelindung dari hujan dan panasnya terik matahari, Sahabat Inspirasipagi harus bisa memilih material genteng yang tepat dengan kualitas yang baik. Namun, tidak hanya itu, pemilihan cat genteng juga harus dipikirkan dengan matang agar genteng terpelihara dengan maksimal dan dapat bertahan dalam waktu yang lama. Cat genteng yang tepat juga akan memberikan tampilan finishing yang menarik dan estetik sesuai keinginan.

Nah, sebagai referensi, berikut berbagai cat genteng yang bisa dipilih.  

  1. Styrene Acrylic

Cat satu ini memiliki kandungan yang mampu melindungi permukaan genteng dari perubahan cuaca, termasuk dari pengaruh jamur dan lumut. Pengaplikasian cat ini dapat menghasilkan tampilan finishing glossy pada genteng hunian Anda. Cat genteng ini tidak hanya bisa dipakai pada genteng tanah liat, melainkan juga dapat digunakan pada genteng beton dan atap abses.

2. Alkyd synthetic

Pilihan cat satu ini juga dapat melindungi genteng dari pengaruh cuaca dan jamur. Selain dipakai sebagai cat genteng pada material atap tanah liat atau beton, cat dengan bahan utama alkyd synthetic juga bisa dipakai untuk mewarnai permukaan kayu dan besi.

3. Chromate Primer

Bagi Anda yang menggunakan genteng metal karena ingin menonjolkan tampilan eksterior yang lebih minimalis, bisa menggunakan cat genteng satu ini karena mengandung bahan dasar zinc chromate. Kandungan ini dapat melindungi genteng logam dari korosi sehingga awet dipakai dalam jangka panjang.

Baca Juga : Kenali 8 Bagian Konstruksi Bangunan yang Wajib Ada

4. Acrylic Resi

Cat ini dapat kamu aplikasikan secara langsung di atas genteng beton, asbes, ataupun genteng tanah liat, memiliki lapisan film yang keras, ketahanan yang baik, dapat kering dengan cepat dan menghasilkan finishing glossy.

5. Cat Waterproof

Cat ini dikenal karena keunggulannya sebagai anti bocor. Dengan keunggulannya ini cat waterproof dapat digunakan sebagai cat dasar untuk menutup retak rambut pada genteng. Bersifat kedap air, antijamur, antialkali, antileleh, serta elastis, cat genteng waterproof bisa digunakan pada atap seng, asbes, kayu, beton ataupun genteng tanah liat.

6. Vernis Thinner

Cat genteng ini akan memberikan tampilan finishing mengkilap yang menarik. Berbahan dasar solvent base (thinner), kelebihan cat satu ini adalah ketahanannya terhadap pengaruh cuaca, meminimalisir adanya debu, serta melindungi warna dasar genteng agar tidak mudah luntur.

loading...