Paspor Indonesia Tertinggal Jauh dengan Singapura

0
343
paspor, henley passport index, visa

Sebagai dokumen perjalanan yang berisi identitas diri yang dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah, paspor memegang peranan yang sangat penting, khususnya ketika kita akan travelling atau melakukan perjalanan ke luar negeri.

Dengan paspor, kamu bisa mengetahui apakah kamu butuh mengurus visa saat ingin berkunjung ke suatu negara. Karena ada beberapa negara yang memberikan status bebas visa maupun visa on arrival bagi para pemegang paspor dari asal negara tertentu.

Seperti pemegang paspor Indonesia yang memiliki kesempatan untuk mengunjungi negara seperti India, Jepang, Belarus, dan Kamboja tanpa harus menyertakan visa. Dan ternyata melalui jumlah negara pemberi status bebas visa, kamu dapat mengetahui ‘kekuatan’ paspor yang kamu miliki.

Pada Februari 2018 lalu, sebuah lembaga bernama Henley & Partners menerbitkan dokumen berupa Henley Passport Index yang berisi tentang peringkat paspor negara di dunia, sesuai jumlah negara yang memberikan kebebasan untuk dikunjungi tanpa menggunakan visa.

Peringkat tersebut berdasarkan data ekslusif yang berasal dari International Air Transport Association (IATA) yang mengelola database informasi perjalanan terbesar dan terakurat di dunia, yang juga diperkuat penelitian in-house dengan indeks yang diperbaharui secara real-time

Menurut Henley Passport Index, negara dengan indeks paspor terkuat adalah Singapura dan Jepang yang keduanya berada di Asia. Singapura dan Jepang mengalahkan Jerman dengan selisih satu destinasi.

Paspor Singapura dan Jepang memungkinkan pemegangnya mengunjungi 180 destinasi tanpa visa. Sedangkan pemegang paspor Jerman dapat mengunjungi 179 destinasi tanpa menggunakan visa. Korea Selatan dan negara Eropa lainnya seperti Prancis, Italia, Spanyol, Denmark, Finlandia, dan Swedia berada tepat di bawah Jerman dengan skor 178 destinasi tanpa visa.

Meski Turki dan Republik Afrika Tengah mencabut status bebas visa bagi pemegang paspor Amerika Serikat, hal ini tidak terlalu mempengaruhi posisi negara ini untuk ‘bertengger’ di posisi kelima, dengan status bebas visa ke 176 negara.

Ukraina yang berada di posisi ke-42 dan Georgia di posisi 54 merupakan negara yang memiliki peningkatan tertinggi, karena berhasil naik sejauh 16 dan 14 tingkat dari posisi di tahun sebelumnya, menyusul liberalisasi visa 2017 bagi negara yang tergabung dalan European Union (EU)

Negeri Jiran, Malaysia berada pada posisi ke-11 bersama dengan Liechtenstein yang memiliki skor 169 destinasi wisata bebas visa. Negeri Gajah Putih, Thailand berada di posisi 65 dengan skor 75 destinasi tanpa visa bersama dengan Suriname, Namibia, dan Bahrain. Sedangkan Indonesia harus berpuas diri dengan posisi ke-69 bersama Swaziland yang memiliki skor 70 destinasi tanpa visa.

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.